Gadget

Cara Menggunakan Rumus IF Dalam Google Sheets, Begini Langkah yang Perlu Kamu Tahu

Biar nggak bingung, beginilah cara menggunakan rumus IF di Google Sheets.

Cesar Uji Tawakal

Google Sheets. (Google)
Google Sheets. (Google)

Hitekno.com - Apakah kamu sudah tahu cara menggunakan rumus IF dalam Google Sheets? Rumus IF merupakan salah satu dari fungsi logika untuk menguji apakah satu sel atau rentang sel memenuhi kriteria tertentu, di mana hasilnya akan menampilkan satu nilai jika ekspresi logika adalah true jika kondisi benar dan menampilkan ekspresi logika false jika kondisi nilai lainnya salah.

Pada dasarnya program Google Sheets ini mirip dengan program Microsoft Excel, tidak hanya dari segi tampilannya saja tetapi pada rumus-rumus nya juga.

Oleh karena itu bagi kamu yang telah terbiasa menggunakan rumus IF dalam program Microsoft Excel dijamin kamu tidak akan kesulitan untuk menggunakan rumus IF di dalam program Google Sheets ini.

Google Sheet. (Google)
Google Sheet. (Google)

Google Sheets sendiri adalah perangkat lunak atau software berbentuk spreadsheet yang merupakan bagian dari rangkaian Google. Rumus IF dalam Google sheet yaitu =IF(logical_expression, value_IF_true, value_IF_false). Nah berikut ini penjelasan dari rumus IF tersebut :

  • IF : nama rumus
  • Logical_expression : ekspresi nilai yang akan kamu periksa menggunakan rumus IF

Ada beberapa simbol yang dibutuhkan sebagai acuan untuk memunculkan nilai logical_expression diantaranya yaitu :

> : untuk menunjukkan nilai yang lebih besar dari
>= : untuk menunjukkan nilai yang sama atau lebih besar dari
< : untuk menunjukkan nilai yang lebih kecil dari
<= : untuk menunjukkan nilai yang  sama atau kurang dari
<> : untuk menunjukkan nilai yang tidak sama
=  : untuk menunjukkan nilai yang sama

  • Value_IF_true  : nilai yang akan ditampilkan oleh rumus IF jika logical_expression bernilai benar atau true
  • Value_IF_false  : nilai yang akan ditampilkan oleh rumus IF jika logical_expression bernilai salah atau false

Setelah kamu mengetahui cara penulisan rumus IF maka sekarang saatnya kamu juga mengetahui cara menggunakan rumus IF dalam Google Sheets, langkah-langkah untuk menggunakan rumus IF yaitu :

1. Buka dokumen Google Sheets yang ingin kamu masukkan rumus IF nya dan klik pada cell dimana kamu ingin meletakkan hasil dari rumus IF tersebut

2. Kemudian ketik tanda sama dengan ( = ) lalu ketik IF diikuti dengan tanda kurung buka ( ( ) dan klik pada cell yang ingin kamu uji nilai logical_expression nya, setelah itu ketik simbol acuan untuk memunculkan nilai logical_expression tersebut diikuti dengan nilai perbandingannya. Ketik tanda koma ( , ) kemudian ketik true lalu ketik tanda koma ( , ) lagi dan ketik false. Setelah itu akhiri dengan tanda kurung tutup ( ) )

3. Tekan tombol enter dan selesai! Maka pada cell yang kamu pilih sebelumnya akan muncul hasil dari rumus IF yang kamu masukkan

Itulah cara menggunakan rumus IF dalam Google Sheets yang bisa kamu terapkan untuk membandingkan suatu nilai pada data yang kamu miliki. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait