Gadget

Wow, Tablet 2 Jutaan Berhasil Disulap Jadi Alat Perang Ukraina, Caranya Tak Terduga

Siapa sangka, alat komunikasi dan hiburan satu ini bisa disulap menjadi alat untuk berperang di Ukraina.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi tablet. (91 Mobiles)
Ilustrasi tablet. (91 Mobiles)

Hitekno.com - Aksi Oleksiy Savchenko, seorang aktivis yang tergabung dalam organisasi non pemerintah bernama Army SOS ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Betapa tidak, berbekal tablet murah dengan harga 2 jutaan, orang ini bisa menyulap elektronik tersebut menjadi salah satu alat untuk berperang.

Dilansir dari Al Jazeera, pengembangan tersebut dimulai bertahun-tahun sebelum Rusia menginvasi Ukraina.

Pada 2014, ia termasuk di antara pengunjuk rasa yang ikut berdemo selama berbulan-bulan di Kyiv akhirnya menyingkirkan Presiden pro-Rusia Viktor Yanukovych.

Sebagai balas dendam, Moskow mencaplok Krimea dan memicu perang separatis di tenggara Ukraina.

Hal ini membuat Savchenko, bersama dengan aktivis yang berpikiran sama, untuk memulai sebuah organisasi non-pemerintah bernama Army SOS.

Kelompok itu mengumpulkan uang untuk membeli jaket serpihan dan perlengkapan militer lainnya untuk mantan pengunjuk rasa yang secara sukarela melawan separatis meskipun kurang dilengkapi dan hampir tidak dilatih.

Ilustrasi tablet. (unsplash)
Ilustrasi tablet. (unsplash)

Dan ketika kelompok itu mengirimkan peralatan ke garis depan, para sukarelawan dan anggota layanan meminta sesuatu yang sangat mereka butuhkan. Yakni alat pemetaan.

Tetapi alih-alih mencetak ribuan halaman, Army SOS mencari solusi teknologi.

Mereka meminta sekelompok pengembang perangkat lunak di Kyiv untuk menginstal peta satelit dan data militer Ukraina di tablet dan smartphone.

Bernama Kropiva, perangkat lunak ini adalah bagian dari serangkaian peralatan dan persenjataan berteknologi tinggi yang telah membantu mengubah militer Ukraina dari underdog yang terdemoralisasi menjadi kekuatan perlawanan yang serius.

Perangkat lunak ini mengubah tablet Android apa pun yang berharga $150 (Rp 2,2 juta) atau lebih menjadi unit dasar sistem panduan presisi otomatis.

Ilustrasi tablet. (unsplash)
Ilustrasi tablet. (unsplash)

Tablet ini dapat memperoleh dan mengirimkan koordinat untuk mengoreksi tembakan artileri dari penggunanya, drone atau radar.

Itu dapat menghitung jarak ke target dan tembakan langsung dari setiap jenis artileri yang digunakan dalam militer Ukraina.

Tablet ini juga mendapatkan data meteorologi yang dapat mempengaruhi setiap tembakan – kecepatan dan arah angin, suhu, dan kelembaban.

Jika tidak ada akses web untuk berhubungan dengan pusat komando, tablet dapat menggunakan stasiun radio portabel.

Perhitungan dibuat dan ditransmisikan dalam hitungan detik, waktu yang dapat menyelamatkan nyawa dan menghancurkan musuh.

Berita Terkait