Gadget

IBM LinuxONE Server Tetap Powefull Meski Kurangi Konsumsi Energi dan Jejak Karbon

Beban kerja Linux di lima IBM LinuxONE Emperor 4 dapat mengurangi konsumsi energi sebesar 75%, konsumsi ruang sebesar 50%, dan jejak CO2e lebih dari 850 metrik ton setiap tahun.

Agung Pratnyawan

Server IBM LinuxONE. (IBM)
Server IBM LinuxONE. (IBM)

Hitekno.com - IBM resmi meluncurkan generasi terbaru dari seri server LinuxONE, sebuah platform yang didasarkan Linux dan Kubernetes. IBM LinuxONE Server ini dirancang untuk memberikan kemampuan guna mendukung ribuan beban kerja namun memiliki konsumsi energi yang lebih kecil.

IBM LinuxONE Emperor 4 menampilkan kemampuan yang dapat mengurangi konsumsi energi klien. Sebagai contoh, mengkonsolidasikan beban kerja Linux di lima IBM LinuxONE Emperor 4 dapat mengurangi konsumsi energi sebesar 75%, konsumsi ruang sebesar 50%, dan jejak CO2e lebih dari 850 metrik ton setiap tahun.

Menurut hasil studi IBV IBM, 48% CEO di seluruh industri menyatakan bahwa peningkatan keberlanjutan adalah salah satu prioritas tertinggi organisasi mereka dalam dua sampai tiga tahun ke depan.

Namun, 51% juga mengutip keberlanjutan sebagai salah satu tantangan terbesar mereka dalam jangka waktu yang sama, dengan kurangnya wawasan data, ROI yang tidak jelas, dan hambatan teknologi, sebagai rintangan.

Bagi para CEO ini, menyusun skala bisnis mereka dengan infrastruktur modern yang sering kali menjadi salah satu hambatan untuk mencapai tujuan keberlanjutan.

"Pusat data adalah energi intensif, dan dapat mencakup sebagian besar penggunaan energi suatu organisasi. Tapi data dan teknologi dapat membantu perusahaan mengubah ambisi keberlanjutan menjadi tindakan," tutur Marcel Mitran, IBM Fellow, CTO of Cloud Platform, IBM LinuxONE.

"Mengurangi konsumsi energi pusat data adalah cara yang nyata untuk menurunkan jejak karbon. Dalam konteks tersebut, migrasi ke IBM LinuxONE dirancang untuk membantu klien memenuhi skala dan tujuan keamanan mereka, selain untuk memenuhi tujuan keberlanjutan bagi bisnis digital saat ini." lanjutnya.

IBM LinuxONE Emperor 4 adalah sistem scale-out-on-scale-up yang dirancang untuk memungkinkan klien menjalankan beban kerja pada tingkat kepadatan tinggi yang berkelanjutan dan meningkatkan kapasitas dengan menyalakan inti yang tidak terpakai tanpa meningkatkan konsumsi energi mereka dan emisi gas rumah kaca terkait.2 Selain itu, klien dapat melacak konsumsi energi dengan IBM Instana Observability on LinuxONE.

Portofolio teknologi keberlanjutan IBM mencakup solusi untuk merancang, menggunakan, dan mengelola infrastruktur dan inovasi energi yang efisien dengan pendekatan hybrid cloud.

IBM LinuxONE adalah salah satu solusi dalam portofolio yang dirancang untuk mengoptimalkan pusat data dengan mengurangi konsumsi energi dan meningkatkan efisiensi energi.

IBM LinuxONE Emperor 4 akan tersedia untuk umum secara global pada tanggal 14 September 2022, menyusul sistem entry dan mid-range di 1H 2023.

Menanggapi permintaan yang tak terduga

Pergeseran dalam ekonomi global telah mendorong volatilitas dan membutuhkan fleksibilitas dalam pembuatan keputusan operasional dan teknis. Dibangun dengan keamanan, skalabilitas, dan keandalan yang sama yang telah menjadi ciri IBM infrastruktur, generasi berikutnya LinuxONE juga menawarkan fleksibilitas seperti cloud. Dengan sistem yang dibangun untuk menyeimbangkan sumber daya dalam kombinasi dengan kapasitas permintaan, scale-up dan scale-out dapat diterapkan pada beban kerja secara dinamis tanpa gangguan.

"Untuk CIOs, perubahan terjadi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan membutuhkan organisasi untuk berinvestasi dalam infrastruktur yang stabil, bernilai tinggi, dan hemat energi," kata Bjorn Stengal, IDC Global Sustainability Research and Practice Lead.

"IBM LinuxONE menyediakan bagi organisasi arsitektur yang aman skalabel untuk memenuhi peraturan pemerintah dan harapan pelanggan mereka." lanjutnya.

Di Citi, strategi keberlanjutan bank didorong oleh komitmen untuk memajukan solusi yang mengatasi perubahan iklim dan mendukung transisi menuju ekonomi berkarbon rendah. Secara operasional, Citi difokuskan untuk

mengurangi jejak lingkungan fasilitasnya, termasuk melalui peningkatan kepadatan hosting dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Citi menjadi tuan rumah MongoDB pada IBM LinuxONE, memanfaatkan keamanan dan ketahanan platform ini, serta kapasitas elastis untuk mengatasi permintaan tak terduga.

"Seiring bertumbunya bisnis kami menjadi semakin mengutamakan digital, solusi TI tradisional menambahkan lebih banyak server fisik dan meningkatkan kebutuhan ruang lantai," tutur Martin Kennedy, Managing Director, Citi Technology Infrastructure.

"IBM LinuxONE dengan MongoDB menyediakan skala vertikal dan perlindungan kritis terhadap pelanggaran data dan serangan siber, dengan membantu mengoptimalkan pusat data sembari menurunkan jejak karbon kami secara keseluruhan." imbuhnya.

Berkesinambungan tanpa mengganggu keamanan

Sistem LinuxONE yang baru juga dilengkapi enkripsi pervasif untuk melindungi data at-rest dan in-flight, prioritas bagi para klien dalam industri yang diatur seperti jasa keuangan. Dengan membangun keunggulan kemananan cloud IBM dalam komputasi rahasia, IBM LinuxONE Emperor 4 melindungi data yang digunakan saat menyediakan enkripsi end-to-end. \

Profil perlindungan data yang komprehensif ini memberikan bisnis strategi perlindungan data yang mendasari protokol keamanan siber saat ini dan antisipasi di masa depan.

Platform hybrid cloud untuk beban kerja cloud dan di lokasi

Lingkungan hybrid dan multicloud saat ini mengharuskan klien untuk membagi beban kerja di tempat yang paling sesuai untuk kebutuhan bisnis mereka. IBM Cloud Hyper Protect Virtual Servers menyediakan lingkungan cloud publik di mana penyewa cloud mempertahankan otoritas penuh atas server virtual berbasis Linux untuk beban kerja yang mengandung data sensitif.

Dibangun pada IBM LinuxONE dan dijalankan pada IBM Cloud, layanan ini memberikan otoritas lengkap kepada pelanggan atas data terenkripsi mereka, beban kerja dan kunci enkripsi – bahkan IBM sebagai penyedia cloud pun tidak memiliki akses.

Dengan pengembangan asli cloud pada LinuxONE, tim pengembang dapat menghasilkan solusi portabel dan tangkas tanpa harus mempelajari sistem operasi baru. Para manajer TI membutuhkan sebuah sistem yang mudah dioperasikan yang mendukung perangkat umum dan menyediakan fondasi untuk masa depan.

LinuxONE memungkinkan manajer untuk fokus dalam memberikan layanan baru, daripada mengelola kompleksitas di banyak server. Dengan berbasis Linux dan Kubernetes, semua orang mendapat keuntungan dari standar terbuka dan sebuah ekosistem yang mencakup DevSecOps modern dan perangkat asli cloud.

Berita Terkait