Gadget

Fungsi dan Cara Menggunakan Rumus ISBLANK Dalam Excel, Begini Langkahnya

Penasaran dengan cara pakai rumus ISBLANK di Microsoft Excel? Begini langkah yang harus ditempuh.

Cesar Uji Tawakal

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Bagi kamu pengguna program Microsoft Excel yang ingin mengoreksi data yang telah kamu buat apakah terdapat data yang kosong atau tidak maka kamu harus mengetahui fungsi dan cara menggunakan rumus ISBLANK dalam Excel. Karena rumus ISBLANK sendiri memiliki fungsi untuk memeriksa apakah sebuah cell berisi value atau tidak.

Sehingga nantinya apabila kamu memasukkan rumus ISBLANK ini pada sebuah cell dan cell tersebut dalam keadaan kosong maka hasil dari rumus ISBLANK ini adalah true. Sedangkan apabila kamu memasukkan rumus ISBLANK pada sebuah cell dan cell tersebut tidak dalam keadaan kosong maka hasil dari rumus ISBLANK ini adalah false.

Setelah kamu mengetahui sekilas info mengenai fungsi dan cara menggunakan rumus ISBLANK dalam Excel, sekarang saatnya kamu menyimak cara penerapan rumus ISBLANK pada sebuah dokumen Excel :

Rumus ISBLANK sendiri ditulis dengan format : =ISBLANK(value)

Penjelasan : pada kolom value diisi dengan cell yang akan kamu uji apakah terdapat data yang kosong atau tidak
Sedangkan untuk cara menggunakan rumus ISBLANK pada sebuah dokumen Excel bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

 

  • Buka dokumen Microsoft Excel milik kamu dan klik pada cell tempat kamu ingin meletakkan hasil rumus ISBLANK
  • Setelah itu masukkan rumus ISBLANK seperti yang telah disebutkan diatas yaitu ketik tanda sama dengan ( = ) terlebih dahulu lalu ketik ISBLANK dan tanda kurung buka " ( " selanjutnya masukkan koordinat cell yang ingin di cek dan masukkan tanda kurung tutup " ) "
  • Kemudian tekan tombol enter untuk mengetahui hasil dari rumus ISBLANK tersebut. Apabila hasil value dari rumus ISBLANK benar-benar kosong maka rumus ISBLANK akan menunjukkan nilai true, sedangkan apabila hasil value dari rumus ISBLANK tidak kosong maka rumus ISBLANK akan menunjukkan nilai false

Itulah sedikit informasi mengenai fungsi dan cara menggunakan rumus ISBLANK dalam Excel yang harus kamu ketahui agar kamu bisa mengoreksi data yang telah kamu buat dengan lebih mudah. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait