Gadget

Antutu Merilis Data Ponsel Tercepat, Ini Jenis Chipset yang Paling Dominan

Asus ROG masih dominan untuk urusan ponsel cepat. Begini rinciannya.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi skor Antutu. (Gizmochina)
Ilustrasi skor Antutu. (Gizmochina)

Hitekno.com - Laporan bulanan AnTuTu tentang ponsel Android paling kuat secara global sudah keluar dan seperti sebulan yang lalu, jajaran atas didominasi oleh ponsel berbasis Snapdragon 8+ Gen 1 baru.

Dilansir dari GSM Arena, tim benchmark memperingatkan bahwa ini tidak akan bertahan lebih lama sekarang karena 8 Gen 2 sudah dekat.

Tim juga menunjukkan bahwa pasar untuk ponsel gaming tetap kecil. Namun, perangkat keras pendingin mereka yang unggul memungkinkan mereka untuk mengungguli flagships generalis dalam kinerja mentah.

Asus ROG Phone 6 tetap berada di puncak, khususnya konfigurasi 16/512GB. Sebagai informasi bahwa ini adalah model non-Pro. Ini diikuti oleh iQOO 9T di tempat kedua dan ketiga yang menarik, Red Magic 7 (non-S, non-Pro) dengan Snapdragon 8 Gen 1 asli, yang tetap unggul dari Xiaomi 12S Ultra (yang memang memiliki chip 8+).

Model berbasis Dimensity 9000 berkinerja terbaik (dan hanya ponsel non-Snapdragon dalam daftar) tetap menjadi basis vivo X80.

Patut diperhatikan bahwa AnTuTu rata-rata mempertimbangkan hal-hal seperti RAM dan kecepatan penyimpanan, jadi ini tidak selalu mengindikasikan bahwa chipset yang lebih baru selalu lebih cepat.

Skor Antutu Agustus 2022. (Antutu)
Skor Antutu Agustus 2022. (Antutu)

MediaTek tidak memiliki banyak wakil pada Top 10 andalan, namun daftar sub-flagship (yaitu pasar antara flagships dan mid-ranger dipimpin oleh Dimensity 8100, yang ditampilkan dalam Top 3: Realme GT Neo 3, Poco X4 GT dan Redmi K50i.

Unikya, chiset lawas Snapdragon 870 masih mengisi sebagian besar tempat di bawah urutan empat, tidak heran itu SoC ini tetap populer dengan model premium.

Yang juga perlu dicatat adalah bahwa varian Dimensity 8100-Max (di dalam OnePlus 10R), yang berada di atas bulan lalu, telah turun ke urutan ke-4.

Skor Antutu Agustus 2022. (Antutu)
Skor Antutu Agustus 2022. (Antutu)

Untuk Top 10 mid-rangers tercepat dibanjiri dengan perangkat Snapdragon 778G karena chip ini menggerakkan delapan model. Ponel yang berada di urutan teratas, Nothing Phone (1), menggunakan 778G+, sehingga dominasinya hampir total.

Hanya ada satu pengecualian, Xiaomi Mi 11 Lite 5G di urutan ke-5 dengan Snapdragon 780G. 780G sangat mirip dengan 778G, tetapi mereka dibangun di atas node Samsung 5LPE dan N6 TSMC, masing-masing.

Snapdragon 7 Gen 1 baru belum memberikan dampak dalam kategori ini, Dimensity 8000 juga tidak ada.

Berita Terkait