Gadget

Penjelasan Fitur Kamera iPhone 14, Apa Saja yang Baru?

Kamera iPhone 14 dibekali dengan Action Mode anyar.

Rezza Dwi Rachmanta

Kamera iPhone 14. (Apple)
Kamera iPhone 14. (Apple)

Hitekno.com - iPhone 14 resmi meluncur dengan sejumlah peningkatan dibanding generasi sebelumnya. Berikut terdapat penjelasan terkait spesifikasi dan fitur kamera iPhone 14.

Perangkat ini mengusung layar Super Retina XDR OLED berukuran 6,1 inci dengan resolusi 1170 x 2532 piksel. Fitur layar lainnya termasuk HDR10, kecerahan puncak hingga 1.200 nits, Dolby Vision, dan kerapatan 460 ppi.

Terdapat beberapa perangkat yang diumumkan oleh Apple yaitu iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Ketiga perangkat terakhir yaitu iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max sudah didukung oleh chipset Apple A16 Bionic.

iPhone 14 standar hanya dibekali A15 Bionic seperti generasi sebelumnya. Smartphone membawa dua kamera berkonfigurasi 12 MP (wide, OIS, f/1.5) dan 12 MP (ultrawide 120 derajat, f/2.4).

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Apple)
iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Apple)

Poni di bagian depan menampung sensor kamera 12 MP yang dilengkapi sensor biometrik. Perusahaan menghadirkan Photonic Engine untuk meningkatkan performa sensor terkait kinerja cahaya sedang hingga rendah.

"Photonic Engine memungkinkan peningkatan kualitas yang dramatis dengan menerapkan manfaat komputasi Deep Fusion lebih awal dalam proses pencitraan untuk memberikan detail yang luar biasa, dan mempertahankan tekstur halus, memberikan warna yang lebih baik, dan mempertahankan lebih banyak informasi dalam sebuah foto," tulis Apple dalam laman resminya. Berikut penjelasan fitur kamera iPhone 14 dikutip dari laman resmi perusahaan:

  • Kamera selfie TrueDepth baru dengan aperture /1.9: Ini memungkinkan kinerja cahaya rendah yang lebih baik untuk foto dan video. Menggunakan fokus otomatis untuk pertama kalinya, kamera selfie dapat fokus lebih cepat dalam cahaya redup dan menangkap bidikan grup dari jarak yang lebih jauh.
  • Action Mode anyar: Mode aksi baru untuk video yang nampak sangat halus. Sensor dapat menyesuaikan dengan goyangan, gerakan, dan getaran yang signifikan, bahkan saat video diambil di tengah aksi.
  • Kamera Ultra Wide: Lensa menawarkan perspektif unik untuk bidikan yang lebih luas dan peningkatan pada foto cahaya rendah dengan Photonic Engine.
  • True Tone Flash: Apple meningkatkan True Tone Flash 10 persen lebih terang dan lebih konsisten.
  • Cinematic Mode: Mode sinematik kini tersedia dalam resolusi 4K pada 30 fps dan 4K pada 24 fps.
Action Mode pada kamera iPhone 14. (Apple)
Action Mode pada kamera iPhone 14. (Apple)


Pada acara Apple Event, harga iPhone 14 varian memori terendah (128GB) dibanderol sebesar 799 dolar AS atau Rp 11,9 juta.

Model memori menengah (256GB) dibanderol 899 dolar AS (Rp 13,4 juta) dan varian memori tertinggi dapat dibeli dengan harga 1.099 dolar AS (Rp 16,4 juta). Itulah tadi penjelasan fitur kamera iPhone 14 dan berbagai peningkatannya, tertarik menantikan HP flagship ini?

Berita Terkait