Gadget

Cara Print Slide PPT Full Kertas, Gunakan Fitur Ini di Microsoft PowerPoint

Cara print slide PPT full kertas bisa kamu lakukan dengan menggunakan fungsi yang ada di Microsoft PowerPoint.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (Pixabay)
Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (Pixabay)

Hitekno.com - Sebagai sebuah program komputer yang sering digunakan sebagai media presentasi, pada program Microsoft PowerPoint juga telah tersedia cara print slide PPT full kertas yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Ikuti tutorial tutorial Microsoft PowerPoint yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Biasanya slide PPT yang telah dibuat menggunakan Microsoft PowerPoint akan ditampilkan ke layar dengan menggunakan proyektor sebagai materi yang akan dibicarakan pada saat presentasi.

Namun adakalanya slide PPT tersebut dibutuhkan juga versi cetaknya, salah satu kelebihan apabila kamu mencetak slide PPT kamu yaitu kamu bisa dengan mudah memahami apa saja isi dari slide PowerPoint yang kamu buat sebelum melakukan presentasi.

Cara print slide PPT full kertas bisa kamu lakukan dengan menggunakan fungsi yang bernama full page slides, dengan fungsi ini kamu bisa mencetak satu slide menjadi satu halaman kertas.

Jadi hasil cetak yang muncul nantinya akan sama dengan tampilan di slide PowerPoint kamu. Langkah-langkah untuk print slide PPT full kertas yaitu :

  • Buka file PowerPoint yang ingin kamu print
  • Kemudian klik pada tab menu file, dan pilih opsi menu print
  • Pada kolom copies, masukan angka untuk mengatur banyaknya salinan yang kamu butuhkan dari setiap halaman
  • Pada kolom printer, pilih printer yang akan kamu gunakan
  • Pada menu dropdown settings, lakukan pengaturan untuk halaman mana yang akan kamu print. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih yaitu Print all slides untuk mencetak semua slide, Print selection untuk mencetak halaman slide yang kamu pilih, Print current slide untuk mencetak slide yang sedang kamu buka dan Custom range untuk mengatur slide mana saja yang ingin kamu cetak
  • Kemudian klik pada opsi full page slide untuk hasil print sesuai dengan slide presentasi kamu atau satu slide untuk satu halaman. Untuk menyesuaikan ukuran slide yang akan di print dengan ukuran kertas yang digunakan, beri tanda centang pada pilihan scale to fit paper yang ada di bagian bawah
  • Pada menu dropdown color atur sesuai dengan hasil print yang kamu inginkan apakah berwarna atau hitam putih
  • Setelah itu klik pada opsi print dan selesai!

Itulah cara print slide PPT full kertas yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jadi apakah kamu sudah membuat versi cetak dari slide pot yang kamu buat? Kalau belum print sekarang juga dengan mengikuti langkah-langkah diatas ya! Selamat mencoba tutorial Microsoft PowerPoint! 

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait