Gadget

Indosat Mulai Matikan Jaringan 3G, Diklaim Hampir 100 Persen

Hampir 100 persen jaringan 3G IM3 telah dimatikan, dan Tri telah mencapai 80 persen.

Agung Pratnyawan

Kantor Indosat Ooredoo Hutchison. (.dok Indosat Ooredoo Hutchison)
Kantor Indosat Ooredoo Hutchison. (.dok Indosat Ooredoo Hutchison)

Hitekno.com - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menyampaikan kalau telah mulai mematikan jaringan 3G. Bahkan hampir menyeluruh di Indonesia.

Menurut diwartakan Suara.com, jaringan 3G untuk pengguna IM3 hampir mencapai seratus persen telah dimatikan.

Sementara jaringan 3G Tri telah dimatikan mencapai sekitar 80 persen.

Hal tersebut diungkap oleh IOH dalam acara peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo Hutchison untuk mendukung presidensi G20 di Bali pada Rabu (3/8/2022).

Dalam peluncuran tersebut, prosesi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara IOH, yang diwakilkan Bayu Hanantasena dengan Universitas Udayana serta MoU antara IOH bersama Politeknik Negeri Bali, INSTIKI, dan BPD Bali.

"Diprediksi integrasi 5G di Bali akan selesai bulan depan," kata Muhammad Danny Buldansyah, Direktur Indosat Ooredoo Hutchison dalam acara peluncuran secara virtual.

Indosat Ooredoo Hutchison memang menargetkan penghentian jaringan 3G selesai pada akhir 2022. Dengan kata lain seluruh jaringan 3G IM3 dan Tri dimakitkan pada akhir 2022.

Ilustrasi tower jaringan seluler. (Pixabay)
Ilustrasi tower jaringan seluler. (Pixabay)

Danny menambahkan, pihaknya hanya tinggal menunggu beberapa pengguna Tri untuk segera berpindah jaringan, sehingga IOH dapat sepenuhnya mematikan jaringan 3G.

Danny beralasan bahwa saat ini IOH sudah memiliki jaringan 2G, 3G, 4G, dan secara bertahap masuk ke 5G. Dengan empat tipe jaringan tersebut, Danny menilai harus mematikan salah satu jaringan agar lebih efisien.

Tak hanya itu, Danny juga memastikan jika menara BTS yang dimiliki Indosat saat ini sudah menampung gabungan 3G dan 4G, sehingga pengguna tidak perlu khawatir apabila jaringan 3G dimatikan.

Terkait wilayah yang akan dimatikan, Danny mengaku Indosat mematikannya secara merata. Dengan kata lain, tidak ada wilayah yang diprioritaskan lebih dulu dalam mematikan jaringan 3G.

Faktor lainnya yang menjadi pertimbangan adalah saat ini mayoritas pengguna internet di Indonesia sudah memiliki perangkat 4G.

Itulah laporan terkini dari proses mematikan jaringan 3G yang dilakukan Indosat Ooredoo Hutchison untuk layanan IM3 dan Tri. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait