Gadget

Samsung Akan Bangun 11 Pabrik Chip di AS

Pembangunan pabrik chip tersebut diperkirakan bakal menelan biaya sekitar 17 miliar dolar AS atau setara Rp 255,45 triliun.

Agung Pratnyawan

Logo Samsung. (Samsung Newsroom)
Logo Samsung. (Samsung Newsroom)

Hitekno.com - Samsung berencana untuk membangung pabrik chip baru mereka di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Tak tanggung-tanggun, Samsung akan membangun 11 pabrik di negara tersebut.

Diwartakan Suara.com, pembangunan pabrik chip tersebut diperkirakan bakal menelan biaya sekitar 17 miliar dolar AS atau setara Rp 255,45 triliun.

Hak ini diketahui setelah Samsung mengajukan permohonan keringanan pajak untuk 11 pabrik yang ingin dibangun di Texas, di distrik Taylor dan Manor.

Tentu saja, ini masih jauh dari kesepakatan dan tidak diragukan lagi, banyak yang bergantung pada apakah Samsung mendapatkan keringanan pajak atau tidak. Mereka akan menambahkan hingga 4,8 miliar dolar AS.

Jika tidak, maka rencana ini jelas akan dibatalkan. Tetapi jika memang menerima insentif dari otoritas lokal, maka total investasi di 11 pabrik bisa mencapai sekitar 192 miliar dolar AS, yang merupakan jumlah yang mengejutkan.

Dilansir laman GSM Arena, Jumat (22/7/2022), Samsung juga dapat menciptakan lebih dari 10.000 pekerjaan di area tersebut jika semua ini berhasil.

Bahkan, jika semuanya berhasil, ini akan menjadi investasi ekonomi terbesar dalam sejarah Texas Tengah.

Lokasi pembangunan pabrik chip Samsung di Texas, AS. [Statesman]
Lokasi pembangunan pabrik chip Samsung di Texas, AS. [Statesman]

Dua dari 11 pabrik yang diusulkan akan berada di Austin dan sembilan di Taylor, sebuah kota berpenduduk sekitar 17.000 orang, 25 mil timur laut Austin, di mana pabrik Samsung yang saat ini sedang dibangun juga berada.

Pabrik Austin akan menyumbang 25,4 miliar dolar AS dari investasi baru dan 1.800 pekerjaan, sementara Taylor masing-masing akan mendapatkan 167,6 miliar dolar AS dan 8.200 pekerjaan.

Paling awal salah satu dari fab ini bisa dibayangkan dan berjalan adalah 2034, sementara dua dari mereka hanya direncanakan untuk 2042.

Namun, tidak ada yang mengikat dan Samsung tidak membuat jaminan bahwa itu benar-benar akan membangun fasilitas.

Sehingga rencana masih dapat diubah atau dibatalkan sama sekali, bahkan jika perusahaan mendapat insentif.

Seorang juru bicara Samsung mengatakan, aplikasi insentif yang baru saja diajukan adalah bagian dari perencanaan jangka panjang perusahaan.

Ini sedang berusaha untuk "mengevaluasi kelayakan berpotensi membangun pabrik fabrikasi tambahan di AS".

Program insentif Texas akan berakhir pada akhir tahun ini dan ini menyebabkan serbuan perusahaan yang melamar dalam beberapa bulan terakhir - Samsung adalah yang terbaru untuk melakukannya.

Itulah rencana Samsung dalam membangung 11 pabrik chip di AS. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait