Gadget

3 Tips Mengatasi Jaringan WiFi Lambat, Perhatikan Pemasangan Router

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan lambatnya jaringan WiFi, cek tiga tips ini.

Agung Pratnyawan

TP-Link Archer AX10. (TP-Link)
TP-Link Archer AX10. (TP-Link)

Hitekno.com - Pernah mengalami jaringan WiFi lambat hingga berdampak pada koneksi internet bermasalah? Bisa jadi sumber masalahnya ada pada router yang kurang tepat. Dirangkum tim HiTekno.com dari rilis resmi TP-Link, berikut ini ada tiga tips mengatasi jaringan WiFi lambat.

Internet saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan semakin berkembangnya teknologi, masyarakat didorong untuk melakukan beragam aktivitas penunjang produktivitas pekerjaan melalui internet.

Oleh karena itu, saat ini WiFi menjadi salah satu perangkat yang paling dibutuhkan oleh seluruh masyarakat sebagai solusi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet.

Namun, tidak dapat dimungkiri munculnya permasalahan lain yang dihadapi oleh masyarakat, di mana koneksi WiFi lambat berdampak negatif pada produktivitas pekerjaan. Berdasarkan hasil survei Speedtest Global Index per Desember 2021, Indonesia menjadi negara dengan kecepatan internet terendah di Asia Tenggara dengan peringkat 115 dari 138 negara.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan lambatnya jaringan WiFi, baik itu faktor internal, seperti kerusakan pada perangkat router maupun gangguan sinyal WiFi, maupun faktor eksternal yang dapat menyebabkan WiFi tidak berjalan secara optimal, di antaranya adalah kapasitas infrastruktur yang tersedia, jangkauan sinyal, hingga jumlah perangkat yang terhubung.

Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi jaringan WiFi lambat:

1. Perhatikan Posisi Router

WiFi merupakan perangkat nirkabel, yang mana koneksinya sangat dipengaruhi oleh benda-benda dan posisi peletakannya. Posisi router yang ideal adalah ditempatkan di area terbuka dalam ruangan atau lantai utama di mana aktivitas internet banyak digunakan.

Hindari meletakkan router berdekatan dengan barang-barang elektronik seperti televisi, microwave, dan benda lainnya yang dapat melemahkan sinyal WiFi.

Selain itu, hindari juga tempat-tempat yang dapat menghalangi penyebaran jaringan, seperti dinding rumah dan meletakkan router di tempat yang terlalu rendah. Pastikan pula arah antena router tegak lurus, untuk memastikan penyebaran sinyal WiFi optimal ke seluruh ruangan.

2. Mengatur Penggunaan Internet

Tidak dapat dimungkiri bahwa internet menawarkan beragam pilihan aktivitas bagi penggunanya, baik untuk memenuhi kebutuhan pribadi hingga kebutuhan profesional. Banyak orang kerap melakukan hal-hal keliru yang tanpa disadari dapat memengaruhi kualitas internet. 

Langkah yang dapat dilakukan salah satunya adalah mengontrol prioritas penggunaan setiap perangkat yang terhubung dengan WiFi agar jaringan internet optimal.

Hal ini dapat dimulai dengan memastikan seluruh pengguna WiFi tidak mengakses internet dengan aktivitas yang berat seperti streaming video di saat yang bersamaan.

3. Gunakan Router dengan Teknologi Terbaru

Sering kali sinyal WiFi dianggap menjadi penyebab utama masalah dalam koneksi WiFi yang lambat, namun nyatanya pemilihan router yang tepat juga merupakan salah satu kunci optimalisasi kualitas internet.  

Hal ini sesuai dengan pernyataan regulator media Inggris, Ofcom*, yang menyatakan bahwa salah satu solusi untuk memastikan internet berjalan cepat adalah dengan penggunaan router yang tepat.

Salah satunya, dengan mempertimbangkan penggunaan teknologi terbaru, seperti teknologi WiFi 6 yang merupakan standar jaringan terbaru.

TP-Link Archer AX10. (TP-Link)
TP-Link Archer AX10. (TP-Link)

Teknologi WiFi 6 memungkinkan pengguna mendapatkan kenyamanan dalam akses internet dengan kecepatan yang lebih tinggi, selain itu teknologi ini mendukung penggunaan lebih banyak perangkat dalam waktu bersamaan tanpa menurunkan performa WiFi.

Fitur-fitur ini dapat ditemukan dalam router TP-Link Archer AX10.

"Koneksi jaringan internet cepat, stabil, dan tersebar secara merata di seluruh bagian rumah sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Dengan teknologi WiFi 6, perangkat ini hadir untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dengan kenyamanan maksimal dan teknologi terbaru," ungkap Biko Yoshia selaku Marketing Manager TP-Link Indonesia.

Lebih lanjut, router ini menawarkan kemudahan diakses secara remote melalui aplikasi TP-Link Tether yang dapat digunakan baik dari perangkat Android maupun iOS.

Selain itu, Archer AX10 merupakan entry level AX router yang telah dilengkapi dengan teknologi WiFi 6 paling affordable di kelasnya. Router ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki produktivitas tinggi serta kenyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Berita Terkait