Gadget

5 Lokasi Terbaik Memasang Router WiFi, Sinyal Stabil dan Jangkauan Luas

Jangan sampai salah, ini lokasi terbaik memasang router WiFi di rumah.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi WiFi Modem. (Pixabay)
Ilustrasi WiFi Modem. (Pixabay)

Hitekno.com - Sinyal WiFi di rumah bermasalah? Tidak stabil dan jangkauan tak bisa jauh? Kamu harus memperhatikan di bama lokasi menaruh router WiFi demi lebih optimal. Berikut ini dirangkum tim HiTekno.com, lokasi terbaik memasang router WiFi.

Lokasi jadi salah satu faktor penentu kelancaran sinyal internet nirkabel ini. Lantas di mana saja lokasi terbaik memasang router WiFi di rumah?

Permasalah sinyal tentu cukup mengganggu dan membutuhkan solusi yang efektif. Salah satunya adalah menemukan titik terbaik untuk meletakkan router.

Berikut ini lima lokasi terbaik memasang router WiFi di rumah seperti dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu.

1. Letakkan di Tengah Ruangan

Meletakkan router WiFi di tengah ruangan bisa membuat sinyal Wifi bisa terpancar dengan rata ke seluruh ruangan. Sebaiknya jangan pasang WiFi di sudut ruangan. Anda hanya menyisakan blank spot jika meletakkannya dipinggir. Jika router terletak di sudut, maka ada banyak ruang yang tidak terjangkau WiFi.

2. Letakkan di Posisi yang Tinggi

Router WiFi juga harus diletakkan di posisi yang tinggi agar dapat memancarkan sinyal WiFi ke seluruh penjuru ruangan. Beberapa orang bahkan menyarankan WiFi diletakkan di bagian plafon atau atap rumah, bukan di lantai dua rumah Anda.

Namun meletakkannya di dinding paling tinggi cukup membantu. Jangan meletakkan di lantai 2 karena WiFi akan sulit menembus lantai yang cukup tebal.

Ilustrasi Router WiFi. (OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi Router WiFi. (OpenClipart-Vectors)

3. Jauh dari Alat Elektronik Lain

Lantai dan dinding diketahui dapat menghalangi sinyal, hal ini juga sama dengan alat elektronik yang lain. Alat elektronik lain dapat menghalangi sinyal dan membuat sinyal router WiFi terhalang.

4. Maksimalkan Antena Router

Antena router dianggap tidak membantu, tetapi faktanya, antena ini sebenarnya membantu mengarahkan pancaran sinyal WiFi. Jadi, arahkan antena ke berbagai penjuru, jangan ke arah yang sama.

5. Jangan di Ruangan yang Tertutupi Dinding atau Lantai Tebal

Sekali lagi, dinding yang tebal dapat menghalangi sinyal WiFi. Oleh karena itu, biarkan WiFi terletak di tengah ruangan yang terbuka sehingga tidak ada blank spot atau sisa jangkauan wifi yang terbuang sia-sia.

Demikian 5 tips terkait dengan lokasi terbaik meletakkan router WiFi. Jika WiFi telah diletakkan dengan tepat, maka penggunaannya pun lebih efektif.

Selain itu, penggunaan wifi merupakan kebutuhan, jadi harus diiringi peletakkan yang sesuai juga.

Coba cek lagi di mana kamu memasang router WiFi. Apakah sudah sesuai dengan lokasi terbaik memasang router WiFi di atas? (Suara.com/ Annisa Fianni Sisma).

Berita Terkait