Gadget

Tutorial Praktis, Cara Mengaktifkan Tethering Hotspot Wifi di HP Android

Mudah dan praktis, ini cara mengaktifkan tethering hotspot Wifi di HP Androidc.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Tethering HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi Tethering HP Android. (Pixabay)

Hitekno.com - Tablet, komputer, laptop atau perangkat elektronik kamu lainnya kehabisan kuota internet? Berikut ini tim HiTekno.com merangkum tutorial HP Android bagaimana cara mengaktifkan tethering hotspot Wifi di HP Android dengan mudah.

Jangan panik ya karena kamu bisa kok melakukan tethering dari HP Android kamu! Saat ini berbagai jenis HP Android bisa berbagi koneksi melalui tethering.

Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara mengaktifkan tethering hotspot wifi di HP Android agar bisa kamu manfaatkan disaat perangkat lain yang kamu miliki membutuhkan akses ke jaringan internet kapanpun dan dimanapun.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sebagai jaringan komunikasi secara global dan terbuka, peran internet di zaman teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini sudah menjadi bagian penting dari kebutuhan sehari-hari.

Segala kegiatan yang kita lakukan sudah pasti menggunakan akses internet mulai dari untuk mempermudah dalam berkomunikasi, untuk mendukung kemajuan bisnis, mencari sebuah informasi, hingga sebagai sarana hiburan dan berbagai aktivitas penting lainnya.

Ilustrasi Tethering HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi Tethering HP Android. (Pixabay)

Cara mengaktifkan tethering hotspot wifi di HP Android biasanya bisa kamu lakukan hanya dengan membuka menu dropdown yang ada pada bagian atas layar HP.

Namun apabila kamu tidak menemukan menu hotspot tersebut maka kamu bisa ikuti langkah-langkah tutorial HP Android berikut ini :

  1. Buka menu pengaturan pada HP Android kamu
  2. Lalu pilih menu Connections dan pilih opsi menu Mobile Hotspot and Tethering
  3. Selanjutnya klik opsi Hotspot Seluler
  4. Kemudian lakukan pengaturan pada nama hotspot dan juga password hotspot agar perangkat kamu lebih mudah dikenali
  5. Apabila telah selesai melakukan pengaturan, klik simpan
  6. Aktifkan hotspot dengan cara gulirkan tombol slider yang ada pada bagian atas layar sehingga berubah warna menjadi warna hijau
  7. Setelah hotspot diaktifkan maka kamu bisa menghubungkan perangkat lainnya dengan cara menyalakan fitur wifi pada perangkat lainnya kemudian klik pada nama hotspot yang sudah kamu atur sebelumnya dan kamu juga akan diminta untuk memasukkan password yang telah kamu buat sebelumnya
  8. Selesai! Sekarang perangkat lain tersebut akan secara otomatis terhubung dengan hotspot wifi di HP Android kamu

Itulah cara mengaktifkan tethering hotspot wifi di HP Android yang bisa kamu lakukan dengan mudah apabila ingin berbagi jaringan internet dengan perangkat lainnya. Selamat mencoba tutorial HP Android di atas! 

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait