Gadget

Cara Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis di Android, Lengkap Langkah-langkahnya

Mudah dan praktis, ikuti cara menonaktifkan update aplikasi otomatis di Android berikut ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi HP Android. (Android)
Ilustrasi HP Android. (Android)

Hitekno.com - Ternyata begini cara menonaktifkan update aplikasi otomatis di android, nggak seribet yang dikiran kok. Ikuti tutorial HP Android yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Jika kamu adalah pengguna android, maka kamu akan mengalami masalah yang sama, yakni seringnya aplikasi yang update secara otomatis.

Aplikasi Android yang diunduh dari Google Play Store diperbarui secara otomatis secara default. Lalu bagaimana untuk mematikannya dari HP Android?

Bagi sebagian pengguna, tentu saja hal ini sangat mengganggu. Sebab kamu tidak diberi kesempatan untuk membaca syarat dan ketentuan terbaru.

Jika kamu adalah tipe orang yang lebih suka meninjau pembaruan dan izin baru atau yang diubah yang terkait dengan pembaruan, kamu dapat memilih untuk menonaktifkan pembaruan otomatis.

Sebelum kamu memulai langkah untuk menonaktifkan pembaruan otomatis, mari kita bicarakan mengapa pembaharuan itu diaktifkan secara default di Google Play Store.
 
Baik untuk Android itu sendiri atau aplikasi, pembaruan perangkat lunak penting untuk tetap mengetahui kerentanan keamanan terbaru.

Ilustrasi HP Android. (Android)
Ilustrasi HP Android. (Android)

Pembaruan otomatis memastikan bahwa aplikasi yang telah kamu unduh selalu terbarui dengan perbaikan bug dan patch keamanan terbaru.
 
Jika kamu menonaktifkan pembaruan otomatis, maka kamu harus melakukannya secara manual jika ingin mengunduh versi terbarunya.
 
Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan update aplikasi secara otomatis di HP Android. Ikuti tutorial HP Android yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.
 
Menonaktifkan pembaruan langsung untuk semua aplikasi di HP kamu

  • Buka Google Play Store di smartphone atau tablet Android.
  • Ketuk ikon profil kamu di sebelah kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih "Pengaturan" dari menu.
  • Cari "Preferensi Jaringan" dan pilih "Perbarui Aplikasi secara otomatis."
  • Sekarang pilih "Jangan Perbarui Aplikasi Secara Otomatis" dari menu pop-up dan ketuk "Selesai."
Ilustrasi HP RAM 6 GB. (HiTekno.com)
Ilustrasi HP RAM 6 GB. (HiTekno.com)

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, maka semua aplikasi yang telah kamu download akan berhenti melakukan update otomatis.

Lalu bagaimana jika hanya ingin menonaktifkan update otomatis pada satu aplikasi saja? cel langkah berikut ini:

  • Buka Play Store dan pilih aplikasi yang tidak ingin kamu perbarui secara otomatis.
  • Ketuk ikon menu tiga titik di kanan atas.
  • Sekarang batalkan pilihan "Aktifkan Pembaruan Otomatis."
  • Selesai

Itulah langkah yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan update aplikasi otomatis di Android. Ikuti cara menonaktifkan update aplikasi otomatis di Android.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait