Gadget

Tutorial HP Android: Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Ikuti tutorial ini, bagaimana cara memindahkan aplikasi ke SD Card.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Hitekno.com - Bagaimana cara memindahkan aplikasi ke SD Card karena penyimpanan internal HP mulai penuh? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial HP Android untuk melakukannya.

Penyimpanan internal yang penuh seringkali dikeluhkan oleh pengguna HP, apalagi jika kamu memasang aplikasi atau game dengan grafis tinggi yang memakan banyak memori internal HP Android.

Cara memindahkan aplikasi ke SD Card ini mungkin akan membantu kamu untuk sedikit meringankan beban dari internal HP Android milikmu.

Bagi kamu yang memiliki smartphone dengan memori internal berkapasitas sedikit, kamu tentu perlu memanfaatkan kartu SD untuk menopangnya.

Kamu bisa memindahkan beberapa aplikasi ke SD card yang kamu miliki dengan praktis tanpa harus me-rooting Android terlebih dahulu. Namun, tidak semua aplikasi dapat dipindah ke kartu SD. Biasanya aplikasi yang dapat dipindah adalah aplikasi bawaan dari HP itu sendiri.

Sebelum memulai memindahkan aplikasi ke SD Card, kamu harus memiliki SD Cardnya terlebih dahulu. Pastikan SD Card yang kamu gunakan sesuai dengan kapasitas maksimum dari HP kamu ya.

Ilustrasi HP Android. (Android)
Ilustrasi HP Android. (Android)

Setelah itu barulah kamu bisa memulainya dengan cara memindahkan aplikasi ke SD Card seperti tutorial HP Android di bawah ini :

  1. Siapkan kartu SD dan masukkan ke slot memori yang tersedia di HP. Untuk ukuran kartunya, kamu bisa menyesuaikan dengan HP yang sedang digunakan. Ada HP yang hanya mendukung kartu SD hingga 32 GB, dan ada juga yang mendukungnya hingga 1 TB
  2. Lalu buka menu setting pada HP kamu dan pilih halaman penyimpanan atau storage
  3. Pilih kartu SD yang hendak digunakan, klik ikon tiga garis di kanan atas layar dan pilih "Setelan Penyimpanan"
  4. Lalu Selanjutnya, pilih Format Kartu SD dan klik Format sebagai internal. Tunggu sampai proses format selesai
  5. Setelah proses format selesai, sekarang kamu dapat memindahkan aplikasi HP kamu ke kartu SD satu persatu

Itulah cara memindahkan aplikasi ke SD Card yang dapat membantu kamu untuk meringankan kinerja internal memory HP. Nantinya ini akan meringankan proses setiap aplikasi yang berjalan sehingga juga meminimalisir Lag pada saat membuka aplikasi.

Gunakan cara memindahkan aplikasi ke SD Card tersebut dengan baik. Selama mencoba tutorial HP Android di atas.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait