Gadget

Apa Itu Incognito Mode dan Cara Mengaktifkannya

Ada kegunaan khusus dari Incognito Mode, ketahui apa itu.

Agung Pratnyawan

Incognito Mode. (HiTekno.com)
Incognito Mode. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Incognito Mode mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang. Lalu apa itu Incognito Mode? Berikut ini beberapa hal soal Incognito Mode yang dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu.

Incognito Mode atau mode samaran merupakan fitur khusus yang biasa terdapat pada aplikasi browser, seperti Google Chrome, Mozilla FireFox, atau Safari, untuk menjaga privasi aktivitas pengguna di internet.

Secara umum, fungsi Incognito Mode adalah untuk membuat aktivitas browsing pengguna di internet tidak terekam atau dirahasiakan. Saat kamu menggunakan Incognito Mode, aplikasi browser tidak akan menyimpan cookie atau kumpulan informasi yang berisi riwayat aktivitas ketika menelusuri sebuah website.

Misalnya, kamu telah mengakses beberapa platform seperti Google Search, Gmail, Facebook, Twitter, dan sebagainya di satu waktu pada aplikasi browser.

Dengan Incognito Mode, aktivitas kamu di semua platform tersebut tidak akan disimpan oleh browser. Kamu seolah-olah tidak pernah mengakses dan mengunjungi platform manapun.

Incognito Mode memungkinkan kamu untuk beraktivitas di internet secara diam-diam, tidak dikenali, atau anonim. Semua riwayat aktivitas penelusuran bakal tidak terdeteksi dan cookie yang telah dibuat akan segera dihapus, setelah kamu selesai browsing menggunakan Incognito Mode.

Dari segi privasi, mode ini dianggap lebih aman karena tidak merekam riwayat penelusuran. Selain itu masih banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengaktifkan Incognito Mode.

Incognito Mode. (kemenkominfo)
Incognito Mode. (kemenkominfo)

Berikut manfaat menggunakan Incognito Mode yang HiTekno.com rangkum dari Instagram Kemenkominfo, Kamis (2/6/2022).

Manfaat Menggunakan Incognito Mode

  • Akun lebih aman
    Mengingat browser tidak menyimpan data apa pun saat pengguna login di platform, maka akun pengguna akan lebih aman dan terlindungi.
  • Bebas iklan tertarget
    Data yang tidak tersimpan di situs web juga akan membuat pengguna terbebas dari iklan yang ditargetkan.
  • Tidak diketahui orang lain
    Pengguna dapat mencari atau browsing tentang informasi apa pun tanpa diketahui orang lain karena tidak ada bekas penelusurannya.
  • Mengakses beberapa akun
    Saat menggunakan Incognito Mode, pengguna dapat membuka dua atau lebih akun sekaligus sehingga pengguna tidak perlu login dan logout berulang kali.

Cara Mengaktifkan Incognito Mode

  • Akses Google Chrome pada perangkat kamu
  • Klik titik tiga di bagian kanan atas
  • Pilih opsi New Incognito Window

 

 

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu Incognito Mode dan cara mengaktifkannya. Semoga bermanfaat untuk membantu menjaga privasi kamu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait