Gadget

Lampaui Apple Safari, Microsoft Edge Jadi Browser Terpopuler setelah Google Chrome

Popularitas Microsoft Edge masih kalah jauh dari Google Chrome.

Agung Pratnyawan

Microsoft Edge. (Microsoft)
Microsoft Edge. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft Edge akhirnya menunjukkan tajinya setelah menempati posisi kedua sebagai browser desktop terpopuler. Browser ini sukses melampaui Safari dari Apple.

Dengan menyalip browser Desktop dari Apple tersebut, Microsoft Edge menduduki peringkat kedua di bawah Google Chrome.

Menurut data dari StatCounter yang dikutip dari Apple Insider, Kamis (5/5/2022), Microsoft Edge memiliki pangsa pasar 10,07 persen per April 2022.

Data ini juga mengungkap untuk pertama kalinya browser desktop dari Microsoft tersebut bisa mencapai angka dua digit.

Sebenarnya Microsoft Edge sudah menyalip Safari sejak Maret lalu. Saat itu keduanya hanya memiliki selisih tipis di mana Edge 9,65 persen, sementara Safari 9,56 persen.

Browser Safari. (Apple)
Browser Safari. (Apple)

Tapi di April, Microsoft Edge mampu menyalip Safari dengan selisih lebih jauh dengan perbedaan 10,07 persen dibanding Safari 9,61 persen.

Adapun browser desktop terpopuler di dunia saat ini masih ditempati Google Chrome dengan pangsa pasar 66,64 persen. Sementara posisi ke-4 dan seterusnya ditempati Mozilla Firefox dengan 7,86 persen, Opera 2,43 persen, dan Internet Explorer di 0,97 persen.

Tapi untuk browser semua platform yang mencakup desktop, tablet, dan smartphone, Safari masih unggul jauh dari Edge.

Saat ini pemimpin browser semua platform ditempati oleh Google Chrome dengan pangsa pasar 64,36 persen, diikuti Safari Apple dengan 19,13 persen, dan di bawahnya ada Microsoft Edge dengan 4,07 persen.

Itulah laporan terbaru dari deretan browser desktop terpopuler, dengan mendudukkan Microsoft Edge di bawah Google Chrome namun di atas Apple Safari. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait