Gadget

Cara Memperkuat Sinyal HP Android dan iPhone, Komunikasi Tetap Lancar

Agar komunikasi tetap lancar, ini cara memperkuat sinyal HP Android maupun iPhone.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi pengguna HP. (Pixabay)
Ilustrasi pengguna HP. (Pixabay)

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara memperkuat sinyal HP Android maupun iPhone. Cek berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial HP Android dan iPhone untuk memperkuat sinyal operator seluler.

Hampir semua pengguna smartphone pasti pernah mengalami kendala sinyal hilang atau lemot. Sinyal yang buruk dapat menghambat kinerja atau mengoperasikan smartphone, seperti panggilan telepon yang tak lancar dan terputus-putus, pesan atau chat yang dikirim dan masuk tertunda alias pending, hingga buffering.

Cara memperkuat sinyal HP bisa menjadi solusi bagi kamu yang kerap hilang sinyal. Namun sebelumnya,ketahui apa yang menjadi penyebab lemahnya sinyal HP Android maupun iPhone.

Ada beberapa penyebab sinyal lemah atau hilang, yaitu faktor cuaca, software bermasalah, receiver sinyal di HP rusak dan lain sebagainya. Cara memperkuat sinyal HP sangatlah mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

Cari tahu tutorial HP Android maupun iPhone untuk memperkuat sinya operator seluler? Berikut cara memperkuat sinyal HP yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Memperkuat Sinyal HP Android maupun iPhone

Ilustrasi Pengguna Smartphone. (Pixabay/TeroVesalainen)
Ilustrasi Pengguna Smartphone. (Pixabay/TeroVesalainen)

1. Restart HP

Cara paling mudah adalah restart HP kamu ketika sinyal tiba-tiba hilang. Dengan melakukan ini, smartphone kamu akan memulai kembali semua proses dari awal, termasuk mencari sinyal dengan maksimal.

2. Aktifkan Airplane Mode

Selain restart smartphone, kamu juga dapat menyalakan Airplane Mode dan matikan kembali. Cara ini cukup ampuh. Sebab, smartphone akan secara otomatis mencari jaringan yang lebih baik ketika menyalakan dan mematikan Airplane Mode.

3. Cek Kartu SIM

Saat sinyal lemah, ada kemungkinan posisi kartu SIM kamu di smartphone belum benar. Coba periksa kembali apakah pemasangan kartu SIM di slot smartphone sudah benar atau belum.

Jika ternyata penempatan kartu SIM baik-baik saja, ada kemungkinan smartphone kamu yang bermasalah. Untuk memastikannya, coba pasang kartu SIM kamu ke HP lainnya. Jika smartphone tersebut mendapatkan sinyal, bisa dipastikan smartphone kamu yang  bermasalah.

4. Cari Jaringan Secara Manual

Secara default, smartphone akan mencari sinyal secara otomatis. Namun, kamu pun bisa mengganti pengaturan tersebut agar kamu dapat memilih jaringan secara manual.

Masuk ke Settings > SIM Cards & Mobile Network > Pilih SIM > Mobile Networks > matikan toggle Automatically Select Network.

5. Update Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi ternyata memiliki peranan yang penting dalam penguatan sinyal pada smartphone. Oleh sebab itu, pengguna HP dengan sistem operasi baik Android maupun iOS harus sering melakukan update.

Pasalnya, dengan update yang dilakukan, maka akan memungkinkan HP memperbaiki sistem yang bermasalah dan dapat mengoptimalkan kinerjanya selama digunakan, salah satunya sinyal yang bermasalah.

Itulah cara memperkuat sinyal HP di Android dan iPhone yang bisa kamu coba. Semoga tutorial HP Android dan iPhone di atas bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait