Gadget

Inilah 7 Cara Merawat HP yang Baik Agar Awet dan Tahan Lama

Penting untuk mengetahui cara merawat HP dengan baik sehingga HP android yang Anda beli nantinya dapat awet dan tahan lama.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Pengguna Smartphone. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi Pengguna Smartphone. (Pixabay/Pexels)

Hitekno.com - Saat ini, ponsel sudah seperti layaknya kebutuhan pokok. Banyak urusan pekerjaan yang melibatkan ponsel sehingga dapat menimbulkan kerepotan apabila ponsel terkendala atau mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat HP dengan baik sehingga HP android yang Anda beli nantinya dapat awet dan tahan lama. Tertarik mengetahui caranya? Sebelum mengetahui caranya, perlu Anda ketahui bahwa cicilan HP Traveloka kini bisa digunakan untuk membeli HP yang Anda inginkan.

Anda bisa membeli HP di berbagai E-Commerce yang bekerja sama dengan Traveloka, dan bayarnya bisa dicicil hingga 12 bulan. Nah, berikut ini cara merawat HP yang baik agar awet. Apa saja?

Cara Merawat HP agar Awet dan Tahan Lama

1. Gunakan Charger Original

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat HP tetap awet adalah dengan menggunakan charger yang original. Pasalnya, selain membuat daya terisi perlahan, menggunakan charger yang tidak asli atau KW juga dapat merusak ponsel, lho.

Selain itu, penggunaan powerbank yang terlalu sering juga sebaiknya dihindari. Hal ini karena panas dari powerbank dapat memicu kerusakan. Tentunya hal ini tidak Anda inginkan, bukan? Terlebih bila segala urusan pekerjaan Anda banyak melibatkan ponsel. Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Sebagai gantinya, pakailah powerbank saat diperlukan saja.

2. Matikan Ponsel Saat Tidak Digunakan

Hal lainnya yang perlu dilakukan agar HP tetap awet dan tahan lama adalah dengan mematikannya saat tidak digunakan. Dengan begitu, Anda memberi waktu istirahat pada ponsel sehingga dapat bekerja lebih optimal ketika dihidupkan kembali. Anda dapat mengistirahatkan ponsel pintar yang Anda miliki sesaat sebelum beranjak tidur di malam hari.

3. Simpan Smartphone di Tempat yang Aman

Meskipun terdengar sepele, menyimpan ponsel di tempat yang aman juga merupakan hal yang penting untuk memperpanjang usia ponsel Anda. Hal ini karena keteledoran bisa saja terjadi ketika Anda menaruh ponsel sembarangan.

Dengan menyimpan ponsel di tempat yang aman, dapat mengurangi resiko ponsel mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja, tersiram air, tergores serpihan atau benda-benda kasar di sekitar, hingga terjatuh dari ketinggian.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa ponsel pintar dengan layar sentuh memiliki sensitivitas yang tinggi. Untuk itu, Anda harus bisa memastikan bahwa ponsel pintar yang Anda miliki disimpan di tempat yang aman, baik dari resiko tergores maupun terjatuh dari ketinggian. Sebagai upaya pencegahan, Anda juga bisa menggunakan pelindung layar HP dan aksesoris tambahan untuk melindungi ponsel dari goresan dan benturan.

4. Menghapus Cache

Data cache juga perlu diperhatikan agar ponsel berada pada performa terbaiknya untuk digunakan dalam waktu yang lama. Memang, data cache membantu aplikasi bekerja dengan lebih cepat dan efisien. Namun, data cache yang menumpuk malah membuat performa dari ponsel menurun. Bahkan, dapat menyebabkan error pada aplikasi.

Oleh karena itu, penting untuk menghapus data cache secara berkala agar performa ponsel pintar tetap terjaga dan awet digunakan. Anda dapat menghapus data cache tiap tiga hari sekali atau bahkan seminggu sekali.

Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan ponsel Anda, kemudian pilih menu Application. Setelah itu, masuk ke bagian Manage Application dan ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus data cache-nya. Cukup mudah, bukan?

5. Jangan Mengisi Daya Hingga 100 Persen

Untuk membuat baterai ponsel tetap awet, Anda sebaiknya tidak mengisi daya baterai ponsel hingga 100 persen. Mengapa demikian? Sebab, baterai ponsel pintar terbuat dari bahan lithium ion (Li-On) jika mendapat tegangan tinggi bisa terus menurun kualitasnya.

Selain itu, lapisan lithium metalik baterai bisa jadi tidak stabil kalau terus mendapat arus listrik. Hal tersebut bisa membuat baterai menjadi gembung, dan tidak menutup kemungkinan bisa meledak kalau terus dibiarkan. Tentu hal ini tidak Anda inginkan, bukan?

Hal yang disarankan adalah mengisi daya ponsel pintar jika baterai sudah menunjukkan 30 persen dan berhenti di kisaran 80 persen,  sehingga baterai ponsel akan lebih awet dan dapat menopang performa ponsel secara maksimal.

6. Hindari Streaming Saat Sedang Mengisi Daya

Menonton film berjam-jam saat ponsel sedang diisi daya jadi faktor lain baterai smartphone cepat rusak. Hal itu terjadi karena kerja smartphone yang berat saat sedang diisi dayanya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan streaming film ketika mengisi daya baterai.

Dengan begitu, niscaya ponsel pintar Anda akan lebih awet dan dapat kuat digunakan beraktivitas seharian karena kualitas baterai yang terjaga.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Meng-install terlalu banyak aplikasi pada ponsel berpotensi memakan banyak ruang di memori internal ponsel Anda. Hal ini akan menyebabkan performa ponsel menjadi terbebani sehingga kurang maksimal.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghapus berbagai aplikasi yang tidak penting dan jarang Anda gunakan. Hal itu akan memberi ruang di memori internal ponsel Anda sehingga dapat bekerja maksimal dan membuat ponsel lebih awet untuk digunakan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda praktekkan guna membuat ponsel pintar Anda dapat awet digunakan untuk waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait