Gadget

Rekomendasi 5 Aplikasi Hitung Zakat di Android, Bayar Zakat Makin Mudah!

Aplikasi hitung zakat ini memiliki banyak fitur dan antarmuka sederhana.

Rezza Dwi Rachmanta

Situs hitung zakat dari Baznas. (Baznas.go.id)
Situs hitung zakat dari Baznas. (Baznas.go.id)

Hitekno.com - Mendekati waktu Salat Ied, umat Muslim akan berbondong-bondong mengeluarkan zakat fitrah yang menjadi kewajibannya. Berikut kami akan memberikan aplikasi hitung zakat di Android dengan antarmuka sederhana.

Deretan aplikasi di bawah memiliki ukuran kecil dan mengusung banyak fitur bermanfaat. Dikutip dari laman resmi Baznas, zakat berasal dari bentuk kata "zaka" yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang.

Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan. Sebagai salah satu rukun Islam, zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf).

Terdapat delapan golongan penerima zakat (mustahik) yaitu fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharimin, dan fisabilillah. Berikut rekomendasi aplikasi hitung zakat yang bisa diinstal melalui smartphone Android:

1. Zakat Calculator

Zakat Calculator. (Google Play)
Zakat Calculator. (Google Play)

 

Aplikasi Zakat Calculator cukup populer karena telah diunduh lebih dari 100 ribu kali. Anda bisa menghitung zakat menggunakan nilai nisab terbaru.

Terdapat program yang menghitung berapa zakat yang harus dikeluarkan untuk sejumlah kekayaan dalam waktu tertentu.

Nisab merupakan jumlah batas kepemilikan seorang Muslim selama satu tahun untuk wajib mengeluarkan zakat.

2. Kitabisa

Aplikasi hitung zakat Kitabisa. (HiTekno)
Aplikasi hitung zakat Kitabisa. (HiTekno)

 

Aplikasi Kitabisa menyediakan tiga menu utama yaitu Donasi, Zakat dan Galang Dana. Fitur hitung zakat sudah terdapat pada aplikasi Kitabisa. Kita bahkan dapat memilih untuk menyalurkan pembayaran melalui Lembaga Amil Zakat tertentu.

Deretan Lembaga Amil Zakat di aplikasi ini termasuk Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Rumah Zakat, Badan Amil Zakat Nasional, Nurul Hayat, PPPA Daarul Qur'an, Global Zakat ACT, NU Care - Lazis NU, Lazis Muhammadiyah, Rumah Yatim dan masih banyak lagi. Kita bisa membayar serta menghitung zakat maal, zakat profesi dan zakat fitrah di aplikasi Kitabisa.

3. Amalin

Amalin/Google Play
Amalin/Google Play

 

Dibuat oleh Rumah Amal, aplikasi Amalin memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam beribadah melalui harta dengan fitur-fitur unggulannya antara lain menghitung dan membayar zakat menggunakan kalkulator zakat, alarm zakat, donasi mudah dan cepat, hingga konfirmasi dan laporan donasi.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat memilih program unggulan tujuan donasi yang sesuai seperti dalam bidang beasiswa dan pendidikan, pemberdayaan masyarakat, aksi peduli kemanusiaan, pelayanan untuk dhuafa, hingga dakwah dan advokasi zakat.

4. Zakatpedia

Zakatpedia/Google Play
Zakatpedia/Google Play

 

Aplikasi ini menawarkan antarmuka menarik dengan ukuran cukup kecil yaitu sekitar 12 MB saja. Meski begitu, Zakatpedia menawarkan banyak fitur kepada pengguna. Pengembang aplikasi mengklaim bahwa LAZNAS ISI yang menaunginya memperoleh nilai akreditasi 99,62 dengan nilai kepatuhan syariah 98,11. Nilai tersebut diperoleh dari audit Kemenang tahun 2018.

Beberapa fitur pada Zakatpedia adalah Tabungan Zakat, Zakat Pendapatan, Zakat Emas, Zakat Aset, Zakat Hadiah, Zakat Perak, Zakat Fitrah, Zakat Peternakan, Infak, Sedekah dan Fidyah. Pembayaran cukup mudah karena sudah terhubung oleh banyak bank dan e-wallet seperti Go-Pay, Ovo, LinkAja, serta DANA.

5. Kalkulator Zakat (DoltaPrima)

Kalkulator Zakat. (Google Play)
Kalkulator Zakat. (Google Play)

 

Aplikasi kalkulator zakat ini memiliki tampilan lebih sederhana dibanding empat aplikasi di atas. Hanya terdapat dua fitur utama yaitu penghitung zakat fitrah dan zakat profesi.

Meski sederhana dan hanya berukuran 2.9 MB, namun aplikasi ini memiliki sistem antarmuka yang tidak membingungkan. Kalian hanya perlu memasukkan berapa jumlah orang dalam satu keluarga, harga beras yang biasa dikonsumsi sehari-hari, dan klik "hitung zakat" untuk mengetahui nominal zakat fitrah yang harus dibayarkan.

Selain lima aplikasi di atas, kalian juga bisa mengunjungi laman resmi Badan Amil Zakat Nasional untuk menghitung zakat secara online. Klik "baznas.go.id/bayarzakat", kemudian isi data, email dan nomor HP. Anda dapat menghitung dan membayar zakat secara langsung melalui cara tersebut. Itulah tadi rekomendasi aplikasi hitung zakat di Android, yuk buruan instal!

Berita Terkait