Gadget

Lima Aplikasi Ini Bisa Bantu Kalian Saat Mudik, Yuk Dicek!

Aplikasi ini dapat membantu untuk cek kemacetan hingga memantau kualitas sinyal saat mudik.

Rezza Dwi Rachmanta

Aplikasi Waze. Rekomendasi aplikasi yang cocok buat mudik. (Google Play)
Aplikasi Waze. Rekomendasi aplikasi yang cocok buat mudik. (Google Play)

Hitekno.com - Mudik merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh para perantau di Indonesia. Deretan aplikasi smartphone ini bisa membantu kalian untuk mudik sebelum lebaran 2022.

Beberapa aplikasi rekomendasi di bawah dapat membuat kalian mengecek peta, memantau kemacetan, hingga sinyal di suatu tempat. Momen berkumpul dengan keluarga merupakan hal yang diidamkan oleh semua orang.

Tentu mudik diharapkan berjalan lancar agar para perantau bisa pulang kampung dengan tepat waktu. Berikut deretan aplikasi yang bisa membantu kalian saat mudik:

1. Google Maps

Google Maps/Pexels
Google Maps. (Pexels)

 

Google Maps merupakan aplikasi peta yang menjadi andalan pengguna Android. Meski hanya berukuran puluhan MB, namun aplikasi ini bisa melakukan navigasi agar kalian tidak tersesat.

Meski begitu, kalian perlu ekstra waspada apabila sinyal terbatas karena tak sedikit pengguna yang justru pergi ke tempat tak terduga ketika mengandalkan Google Maps. Aplikasi ini bisa menghitung serta memperkirakan waktu mengenai kapan kita bisa tiba di tempat tujuan ketika menggunakan kendaraan tertentu.

Sebagai langkah untuk berjaga-jaga ketika sinyal lemah, kalian dapat mengunduh peta offline di Google Maps. Agar dapat mengunduh peta offline, kalian dapat pergi ke menu Profil > Peta Offline > Pilih Peta Sendiri > Download lokasi peta yang diinginkan.

2. Waze

Waze/Waze
Waze. (Waze)

 

Waze merupakan aplikasi peta yang juga mengandalkan GPS. Aplikasi ini lebih interaktif dengan tampilan antarmuka menarik. Waze dapat digunakan untuk mendeteksi kemacetan, razia, kecelakaan dan lain-lain.

Sebagai pengguna, kalian dapat berkontribusi menginformasikan kepada pengguna lain terkait jalan yang sedang diperbaiki, kemacetan, hingga terjadinya kecelakaan. Informasi antar akun sangat berguna sehingga pengguna lain bisa memilih jalan alternatif yang lebih cepat.

3. Jasamargalive atau Travoy

Aplikasi Travoy. Rekomendasi aplikasi yang cocok buat mudik. (Google Play)
Aplikasi Travoy. Rekomendasi aplikasi yang cocok buat mudik. (Google Play)

 

Cara cek macet mudik lebaran 2022 yang berikutnya adalah dengan aplikasi Travoy milik PT Jasa Marga. Dikutip dari Suara, Travoy mempunyai fitur CCTV untuk memantau keadaan jalan tol secara real time. Selain itu, ada fitur tambahan yang juga sangat diperlukan pemudik, yaitu info lokasi rest area hingga mobil derek online.

4. Kompas Arah Kiblat - Qibla Compass

Aplikasi Qibla Compass. Rekomendasi aplikasi yang cocok buat mudik. (Google Play)
Aplikasi Qibla Compass. Rekomendasi aplikasi yang cocok buat mudik. (Google Play)

 

Aplikasi Qibla Compass sangat berguna ketika kalian mencari arah kiblat saat mudik. Kita tak jarang harus beribadah di pinggir jalan atau tempat tertentu apabila terjebak kemacetan. Aplikasi ini dapat menentukan arah kiblat dengan cukup akurat sehingga sangat membantu bagi umat Muslim ketika mudik.

5. OpenSignal

Aplikasi OpenSignal. Rekomendasi aplikasi yang cocok buat mudik. (Google Play)
Aplikasi OpenSignal. Rekomendasi aplikasi yang cocok buat mudik. (Google Play)

 

Bingung memilih operator seluler mana untuk mudik? Cek dulu sinyalnya dengan aplikasi ini. Kita terkadang bingung untuk memilih kartu SIM kedua yang memiliki sinyal kuat.

Aplikasi ini bisa kita gunakan agar kita tidak perlu membeli paket data yang mahal dulu sebelum tahu kualitas sinyal di daerah tertentu. OpenSignal termasuk aplikasi yang tidak terlalu besar, hanya dibutuhkan 6,7 MB saja untuk pertama kali download.

Aplikasi ini termasuk aplikasi yang sangat populer karena sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Terdapat fitur NetworkRank yang membantu membandingkan dan menampilkan operator terbaik yang ada di suatu daerah. Itulah tadi rekomendasi lima aplikasi untuk membantu kalian saat mudik, yuk buruan instal! 

Berita Terkait