Gadget

Tutorial Cara Mencari Nilai Terendah di Excel dengan Cepat

Mudah dan praktis, ini cara mencari nilai terendah di Excel.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Bagaimana cara mencari nilai terendah di Excel dengan praktis dan cepat? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Microsoft Excel untuk kamu.

Cara mencari nilai terendah di Excel bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah mudah menggunakan fungsi MIN yang telah disediakan oleh program Microsoft Excel.

Seperti yang telah kita semua ketahui, sebagai sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat, mengedit, mengurutkan hingga menganalisis data.

Dalam program Microsoft Excel terdapat berbagai macam fungsi seperti misalnya fungsi Min, Max, Hlookup, Vlookup, Sum, Average, dan masih banyak fungsi lainnya yang memiliki kegunaan masing-masing dengan tujuan untuk memudahkan kamu dalam kegiatan pengolahan angka sehingga bisa kamu manfaatkan sesuai dengan kebutuhan data kamu.

Namun kali ini kita hanya akan membahas fungsi MIN saja yang populer digunakan untuk menentukan nilai terendah dari sejumlah data pada Microsoft Excel.

Dalam bidang pendidikan maupun dalam dunia pekerjaan fungsi MIN biasanya digunakan untuk mencari nilai terendah para siswa sekolah, mencari hasil penjualan terendah, mencari daftar harga paling murah, dan lain sebagainya.

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

 

Untuk menerapkan fungsi MIN pada sebuah data juga terbilang sangat mudah, kamu hanya tinggal ikuti saja cara mencari nilai terendah di Excel dengan menggunakan fungsi MIN berikut ini :

=MIN(number1; [number2];…)

Keterangan :

  1. klik cell tempat kamu ingin memasukkan fungsi MIN dan masukkan tanda sama dengan { = }
  2. Ketik MIN dan juga tanda kurung buka { ( }
  3. Setelah tanda kurung buka { ( }, blok cell yang berisi sekumpulan angka dari data yang akan dicari nilai terendahnya
  4. Selanjutnya beri tanda kurung tutup { ) }
  5. Tekan tombol Enter dan selesai! Setelah itu nilai terendah yang kamu cari akan muncul di cell yang telah kamu pilih sebelumnya

Itulah langkah-langkah yang harus kamu lakukan apabila ingin mengetahui cara mencari nilai terendah di Excel dengan menggunakan fungsi MIN.

Gimana? Terbukti mudah bukan? Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu lagi ya melakukan perhitungan secara manual karena dalam program Microsoft Excel sudah disediakan banyak fungsi untuk mengolah data yang kamu miliki.

Manfaatkan cara mencari nilai terendah di Excel tersebut dengan baik. Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait