Gadget

Tutorial Praktis Cara Menghitung Jumlah Data Unik di Excel

Praktis, ini cara menghitung jumlah data unik di Excel

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)
Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Hitekno.com - Cara menghitung jumlah data unik di Excel yang paling mudah bisa dilakukan dengan menggunakan kombinasi antara formula COUNTIF dengan SUM. Bagaimana menggunakannya? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Microsoft Excel untuk kamu.

Fungsi COUNTIF sendiri merupakan salah satu fungsi statistik di Microsoft Excel untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria dan fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan angka dalam rentang tertentu.

Data unik sendiri bisa berupa teks maupun angka, ataupun juga campuran dari teks dan angka. Data unik merupakan data dimana yang akan dihitung jumlahnya adalah data yang berbeda saja, sedangkan untuk setiap data duplikat akan tetap dihitung satu.

Jadi apabila kamu memiliki dokumen yang mengandung data duplikat maka kamu bisa tetap dengan mudah menghitung jumlah keseluruhan data tersebut dengan cara menghitung jumlah data unik di Excel menggunakan rumus di bawah ini

  • =SUM(1/COUNTIF(RangeData; RangeData))
  • Akhiri dengan Ctrl + Shift + Enter, sehingga rumus Excel tersebut akan diapit tanda kurung ({...})
  • Cara kerja rumus Excel diatas adalah sebagai berikut :
    RangeData diisi dengan sekumpulan nilai yang ingin dihitung frekuensinya

Fungsi COUNTIF akan menghitung jumlah masing-masing data pada range sehingga menghasilkan angka, angka tersebut kemudian digunakan untuk membagi angka 1.

Setelah mendapatkan angka tersebut kemudian dijumlahkan dengan fungsi SUM sehingga menghasilkan jumlah data unik pada dokumen Excel tersebut.

Namun apabila data yang ingin kamu hitung jumlah data uniknya cukup besar maka akan lebih baik jika kamu menggunakan fungsi FREQUENCY. Fungsi FREQUENCY biasanya digunakan untuk menghitung seberapa sering nilai muncul dalam sebuah rentang data.

Tetapi sayangnya fungsi tersebut hanya bisa digunakan untuk menghitung data numerik berupa angka saja sehingga jika ada data yang berupa teks maka tidak akan terhitung jumlah data uniknya.

Penulisan rumus untuk menghitung jumlah data unik dalam format angka dengan menggabungkan fungsi SUM dan FREQUENCY adalah sebagai berikut :

  • =SUM(--(FREQUENCY(RangeData; RangeData)>0))
  • Cara kerja rumus Excel diatas adalah sebagai berikut :
    RangeData diisi dengan sekumpulan nilai yang ingin dihitung frekuensinya

Itulah cara menghitung jumlah data unik di Excel yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Setelah mengetahui cara diatas maka kamu tidak perlu lagi melakukan penghitungan jumlah data unit satu per satu secara manual ya. Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait