Gadget

Tutorial Cara Mencari Median di Excel dengan Cepat

Mudah dan praktis, ini cara mencari Median di Excel.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara mencari median di Excel dengan cepat. Berikut ini tim HiTekno.com telah merangkum tutorial Microsoft Excel untuk melakukannya.

Cara mencari median di Excel biasanya digunakan untuk mencari nilai tengah yang berada di antara serangkaian angka. Kamu tentunya bisa mengandalkan Microsoft Excel untuk melakukannya.

Menghitung median sangat berguna untuk membantu berbagai kegiatan pengolahan data, seperti misalnya menentukan perkiraan rata-rata nilai siswa, membuat statistik data posyandu untuk menghitung rata-rata berat badan bayi, dan berbagai kegiatan sehari-hari lainnya.

Kalau biasanya untuk mencari median secara manual kamu harus terlebih dahulu mengurutkan angka dari mulai angka yang terkecil hingga ke angka yang terbesar. Kemudian apabila angka yang berada di tengah dari data tersebut tersisa satu angka saja maka itulah yang ditetapkan sebagai mediannya.

Namun apabila angka yang berada di tengah dari data tersebut ada dua angka maka kamu harus menjumlahkan kedua angka tersebut terlebih dahulu lalu dibagi dengan angka dua untuk menentukan nilai mediannya.

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Tapi bagaimana kalau data yang ingin kita cari mediannya terdiri dari banyak angka? Pasti akan sangat melelahkan bukan kalau mencarinya dengan cara manual seperti itu.

Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara mencari median di Excel menggunakan rumus berikut ini karena bentuk penulisan dari rumus median sendiri sebenarnya cukup mudah yaitu:

= MEDIAN(number1:[number2], ...)

Keterangan:

  1. Ketik tanda sama dengan { = } pada cell yang akan menjadi tempat median diletakkan
  2. Kemudian ketik MEDIAN dan diikuti dengan tanda kurung buka { ( }
  3. Pada perintah number1 : number2, kamu hanya perlu memasukkan angka-angka dari range data dengan cara memblok semua data yang kamu miliki untuk mendapatkan median
  4. Apabila kamu telah selesai memblok semua angka pada data kamu, ketik tanda kurung tutup { ) }
  5. Lalu tekan tombol Enter dan Selesai! Nilai yang muncul pada cell yang telah kamu pilih sebelumnya merupakan nilai median yang dihasilkan dari rumus tersebut

Itulah cara mencari median di Excel yang bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah mudah. Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu bingung lagi ya apabila ingin mencari median dari kumpulan data yang cukup banyak. Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait