Gadget

Dibanderol Mulai Rp 2 Jutaan, Ini Spesifikasi Xiaomi Smart TV 5A

Spesifikasi Xiaomi Smart TV 5A mencakup RAM hingga 1,5 GB dan penyimpanan 8 GB.

Rezza Dwi Rachmanta

Xiaomi Smart TV 5A. (Xiaomi India)
Xiaomi Smart TV 5A. (Xiaomi India)

Hitekno.com - Xiaomi telah mengeluarkan teaser untuk menyambut smart TV anyar beberapa waktu lalu. Spesifikasi Xiaomi Smart TV 5A cukup menarik di rentang harga terjangkau.

Perusahaan diketahui meluncurkan Smart TV 5A pada acara Xiaomi Next 2022 di India. Smart TV ini merupakan generasi penerus dari Mi TV 4A yang cukup laris di pasaran.

Spesifikasi Xiaomi Smart TV 5A mencakup panel LCD LED-backlit, kecepatan refresh 60Hz dan sudut pandang 178 derajat.

Perangkat ditawarkan dalam tiga varian ukuran yaitu 32 inci, 40 inci, dan 43 inci. Layar pada model terkecil memiliki resolusi 1366 x 768 piksel (HD). Dua model lain hadir dengan resolusi FHD (1920 x 1080 piksel).

Model FHD ditenagai oleh CPU quad-core ARM Cortex-A55 yang dipasangkan dengan RAM 1,5 GB. Varian HD-nya memiliki CPU ARM Cortext-A35 quad-core yang dipadukan dengan RAM 1 GB.

Xiaomi Smart TV 5A. (Xiaomi India)
Xiaomi Smart TV 5A. (Xiaomi India)

Xiaomi Smart TV 5A mempunyai penyimpanan 8 GB dan menjalankan sistem operasi Android TV 11. Sistem operasi terintegrasi dengan konten PatchWall, Chromecast Built-in, dan Google Assistant. Smart TV turut mendukung semua platform streaming terkemuka, aplikasi Mi Home, dan Miracast.

Soal konektivitas, semua model hadir dengan WiFi dual-band dan Bluetooth 5.0. Deretan port yang disediakan termasuk 2 x HDMI 2.0, 2 x USB, Ethernet, AV, optik, dan jack headphone 3.5 mm.

Salah satu port HDMI mendukung ALLM (Mode Latency Rendah Otomatis) dan ARC untuk pass-through Dolby Atmos. Dikutip dari Gizmochina, Xiaomi Smart TV 5A versi 32-inci hadir dengan speaker 20 W. Dua model lain dengan layar lebih besar membawa speaker 24 W.

Ketiga model memiliki dukungan fitur Dolby Audio. Meski begitu, DTS:X dan DTS Virtual:X terbatas pada model FHD. Harga Xiaomi Smart TV 5A model 32 inci dibanderol sebesar 15.499 rupee atau Rp 2,9 juta.

Logo Xiaomi. (Xiaomi)
Logo Xiaomi. (Xiaomi)

Xiaomi Smart TV 5A model 40 inci dapat dibeli dengan harga 22.999 rupee atau Rp 4,3 juta. Model tertingginya (43 inci) dibanderol sebesar 25.999 rupee atau Rp 4,9 juta. Perusahaan pernah memboyong Mi TV 4A ke Indonesia pada periode 2018 hingga 2019.

Ketika debut pertama kali di Tanah Air, perangkat membawa sejumlah fitur seperti HOOQ, Catchplay, Bein Sports, Iflix, Spotify, Red Bull TV, Rakuten VIKI, Genflix, Sushiroll, Gtunes, ALT Balaji, hingga Eros Now.

Deretan spesifikasi dari generasi pendahulunya yaitu chipset Amlogic 64 bit yang berisi prosesor quad-core, RAM 1 GB dan internal memori 8 GB. Xiaomi Smart TV 5A dijual terbatas di India dan masih belum diketahui terkait ketersediaan secara global termasuk ke Indonesia.

Namun mengingat generasi pendahulu pernah masuk ke Indonesia, cukup menarik apabila Xiaomi Smart TV 5A juga masuk ke Tanah Air. Itulah tadi detail harga dan spesifikasi Xiaomi Smart TV 5A, tertarik menantikan perangkat satu ini?

Berita Terkait