Gadget

Bahaya Menggunakan GB WhatsApp, Bukan Sekedar Curi Data

Kenapa GB WhatsApp berbahaya? Cek ulasan ini.

Agung Pratnyawan

Aplikasi GB WhatsApp. (APK Pure)
Aplikasi GB WhatsApp. (APK Pure)

Hitekno.com - Lagi pengen coba menggunakan GB WhatsApp? coba cek dulu bahaya yang mengintainya. Ketahui ada bahaya menggunakan GB WhatsApp yang harus kamu ketahui.

Sampai saat ini, WhatsApp masih menjadi salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Hanya saja, fitur resminya terbatas.

Baru-baru ini, versi modifikasi dari aplikasi yang disebut GB WhatsApp sedang beredar di internet. 

Aplikasi ini memberimu beragam fitur yang tidak kamu dapatkan pada WhatsApp resmi. Akan tetapi ternyata, GB WhatsApp berbahaya jika digunakan. Apa saja bahaya yang ditimbulkan?

Sebelum mengetahui tentang bahayanya, ada baiknya kamu kenalan dulu dengan aplikasi pihak ketiga yang namanya GB WhatsApp.

Apa itu GB WhatsApp?

GB WhatsApp adalah versi modifikasi dari WhatsApp yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga yang ingin menambahkan beberapa fitur lagi ke WhatsApp. 

Dengan demikian, aplikasi tidak memiliki koneksi ke WhatsApp Inc sama sekali.

GB WhatsApp memberikan pengalaman mirip dengan WhatsApp Inc kepada penggunanya. Namun daya tariknya, aplikasi ini ditambahkan dengan fitur tambahan yang mencakup penggunaan akun WhatsApp ganda pada perangkat yang sama, menyembunyikan tanda terima telah dibaca, mengirim gambar beresolusi tinggi, fitur balasan otomatis, lebih banyak karakter dalam pembaruan status, dan banyak lagi.

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/asterfolio)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/asterfolio)

Bagaimana cara mengunduh GB WhatsApp?

Karena GB WhatsApp adalah aplikasi pihak ketiga tidak resmi, itu tidak tersedia di Google Play Store, tetapi aplikasi tersebut dapat diunduh sebagai APK untuk pengguna. 

Ini berarti, pengguna harus mengunduh aplikasi dari situs web, yang mungkin tidak dapat diandalkan dan menginstalnya terbukti berisiko.

Bahaya menggunakan GB WhatsApp

Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti GB WhatsApp dapat membuat akun WhatsApp asli kamu diblokir secara permanen.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membahayakan data privasi kamu karena tidak ada sumber terkenal untuk mengunduh aplikasi.

Menurut FAQ WhatsApp, aplikasi yang tidak didukung, seperti WhatsApp Plus, GB WhatsApp, atau aplikasi yang mengklaim dapat memindahkan obrolan WhatsApp antar ponsel, adalah versi WhatsApp yang diubah.

Selain itu, aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Persyaratan Layanan aplikasi resmi.

WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga tersebut karena mereka tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya.

Itulah bahaya menggunakan GB WhatsApp yang dirangkum tim HiTekno.com dari India TV News.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait