Gadget

Indosat Targetkan Mematikan Jaringan Internet 3G Selesai pada Akhir 2022

Pelanggan tak perlu khawatir apabila jaringan 3G dimatikan. Ini penjelasan Indosat.

Agung Pratnyawan

Kantor Indosat Ooredoo Hutchison. (.dok Indosat Ooredoo Hutchison)
Kantor Indosat Ooredoo Hutchison. (.dok Indosat Ooredoo Hutchison)

Hitekno.com - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menargetkan untuk proses penghentian jaringan internet 3G selesai pada akhir 2022 mendatang.

Hal ini disampaikan Director and Chief Regulatory Officer IOH, Muhammad Danny Buldansyah dalam sela-sela Buka Bersama Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

"Akhir tahun ini. Akhir tahun 2022 diusahakan shutdown," kata Muhammad Danny Buldansyah diwartakan Suara.com.

Ia beralasan, saat ini Indosat Ooredoo sudah memiliki jaringan 2G, 3G, 4G, dan mulai pelan-pelan masuk ke 5G. Dengan empat tipe jaringan itu, ia menilai kalau salah satu mesti dimatikan agar lebih efisien.

"Tentunya secara strategi kan sudah ada 2G, 3G, 4G, dan mau 5G juga sekarang. Nah masa ada empat teknologi, kan itu enggak efisien," terang Danny.

Ia juga memastikan kalau menara BTS yang dimiliki Indosat saat ini sudah menampung gabungan 3G dan 4G. Untuk itu maka pelanggan tak perlu khawatir apabila jaringan 3G dimatikan.

Director and Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Danny Buldansyah dalam acara buka puasa di Jakarta, Rabu (20/4/2022). [Suara.com/Dicky Prastya]
Director and Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Danny Buldansyah dalam acara buka puasa di Jakarta, Rabu (20/4/2022). [Suara.com/Dicky Prastya]

"BTS-BTS yang dipakai sekarang itu bisa untuk 3G, bisa untuk 4G. Jadi enggak ada yang waste (terbuang)," katanya.

Terkait wilayah yang mau dimatikan, Danny mengaku kalau Indosat mematikannya secara merata. Artinya, tidak ada wilayah yang diprioritaskan lebih dulu dalam mematikan jaringan 3G.

"Secara nasional saja, sekarang sudah mulai (dimatikan 3G). Jadi di setiap area itu masih ada yang sedikit-sedikit. Makanya total sisanya itu tinggal sedikit," papar Danny.

Faktor lain dimatikannya 3G oleh Indosat, tambah Danny, adalah semua orang sudah memiliki perangkat 4G. Ia mengklaim kalau saat ini masyarakat sudah tak lagi memiliki device 3G only.

"Sudah tidak ada lagi yang pakai device 3G only. Kami punya statistiknya, tapi saya tak bisa jelaskan rincinya. Device mereka sudah 4G enable 100 persen, itu jadi pertimbangan," tambah Danny.

Lebih lanjut, Danny juga sudah menyiapkan promo agar pengguna kartu Indosat dan Tri di Indonesia mau beralih ke internet 4G.

"Kita sekarang ada beberapa program, misalnya dikasih free kuota ketika menukarkan SIM card 3G ke 4G," tandasnya.

Itulah rencana Indosat Ooredoo Hutchison untuk mematikan jaringan internet 3G bakal selesai pada akhir 2022 mendatang. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait