Gadget

7 Rekomendasi Anime Seinen Terbaik dan Wajin Nonton

Cari anime Seinen apa yang menarik? Cek rekomendasi anime ini.

Agung Pratnyawan

Parasyte: The Maxim. (IMDB)
Parasyte: The Maxim. (IMDB)

Hitekno.com - Berikut ini adalah tujuh rekomendasi anime Seinen terbaik yang layak masuk ke dalam list tonton. Ada yang baru maupun lawas namun layak tonton di 2022.

Seperti yang diketahui, pengklasifikasian anime dapat dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, salah satunya adalah kelompok usia yang dibidik.

Berdasarkan kriteria tersebut, anime dan manga dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan usia dan jenis kelamin, tergantung pada topik, gaya, dan klasifikasi genre klasiknya. 

Salah satu genre yang yang cukup populer adalah Seinen. Secara garis besar, Seinen adalah anime yang ditujukan untuk pria yang lebih tua dari shounen, biasanya mereka yang berusia di atas delapan belas tahun. 

Seinen adalah anime yang ditujukan untuk pria yang lebih tua dari shounen, biasanya mereka yang berusia di atas delapan belas tahun. 

Karena penontonnya lebih dewasa, maka ide cerita pun dibuat lebih dewasa dan serius.

Jika kamu sedang mencari rekomendasi anime Seinen terbaik, kamu bisa cek daftar di bawah ini.

  • Tokyo Ghoul
  • One Punch Man
  • Parasyte: The Maxim
  • Prison School
  • Monster
  • Record of Ragnarok
  • My Dress-Up Darling

Tim Hitekno.com juga telah merangkum sinopsis dari anime Seinen yang telah direkomendasikan di atas.

1. Tokyo Ghoul

Tokyo Ghoul. (Netflix)
Tokyo Ghoul. (Netflix)

Tokyo Ghoul sukses menjadi perbincangan Otaku sejak 2020 lalu. Karena apa? tentu saja karena ceritanya yang super duper menarik.

Anime Tokyo Ghoul bercerita tentang kehadiran para mahluk kanibal bernama Ghoul yang suka makan orang.

Namun tenang saja, ide cerita tersebut dibarengi dengan kisah-kisah lainnya kok. Jadi, kamu nggak cuma akan nonton orang makan orang.

2. One Punch Man

One Punch Man - Saitama. (IMDB)
One Punch Man - Saitama. (IMDB)

Selain bergenre action, serial anime ini juga diperindah dengan komedi. One Punch Man terkenal di kalangan penggemar manga dan anime di seluruh dunia. 

Ada dua musim adaptasi anime: musim pertama ditayangkan pada tahun 2015 dan musim kedua pada tahun 2019.

Anime action ini berfokus pada seorang superhero bernama Saitama yang tidak pernah terlihat keren tetapi bisa mengalahkan musuh mana pun dengan satu pukulan.

Yang lucu adalah dia mendapatkan kekuatan hanya dengan berlatih keras. Tidak hanya Saitama tetapi karakter keren dan unik lainnya termasuk muridnya Genos dan ahli bela diri Bang ditampilkan di One Punch Man.

3. Parasyte: The Maxim

Anime Parasyte. (YouTube)
Anime Parasyte. (YouTube)

Sesuai dengan judulnya, anime ini bercerita tentang infeksi parasit yang membuat kegaduhan di kota.

Dikisahkan, Shinichi Izumi yang berusia 17 tahun terinfeksi oleh Parasyte. Ini bukan parasit biasan melainkan monster yang membantai dan memakan manusia.

Kini di dalam tubuh Izumi adalah sebagian monster yang siap mengambil alih kesadarannya. Namun apa yang terjadi, malah tak seperti perkiraan.

Parasyte tersebut gagal mengambul alih sepenuhnya tubuh Izumi, namun hanya berdiam di tangannya.

4. Prison School

Prison School. (IMDB)
Prison School. (IMDB)

Terletak di pinggiran Tokyo, Hachimitsu Private Academy adalah sekolah asrama khusus perempuan yang bergengsi, terkenal dengan pendidikan berkualitas tinggi dan siswa yang disiplin. 

Namun, ini semua akan berubah karena revisi kebijakan sekolah yang paling ikonik, karena anak laki-laki sekarang juga dapat mendaftar.

Pada awal semester pertama di bawah dekrit baru ini, hanya lima anak laki-laki yang diterima.

Itu berarti membuat rasio 200 perempuan berbanding 1 laki-laki di sekolah tersebut. Mengacu pada alasan ini, tentu saja ada banyak kejadian-kejadian dewasa yang akan dipertontonkan.

5. Monster

Anime Monster. (IMDB)
Anime Monster. (IMDB)

Anime ini mengangkat kisah Kenzou Tenma, seorang ahli bedah saraf elit yang harus berhadapan dengan sebuah peristiwa kecil namun mengubah hidupnya. Ia diminta mengoperasi tokoh ternama, namun sebagai gantinya membuat kematian seorang pekerja imigram.

Kejadian ini membuat dokter Tenma mengalami krisis hati nurani. Banyak situasi-situasi yang membuatnya dalam pilihan sulit.

6. Record of Ragnarok

Record of Ragnarok. (IMDB)
Record of Ragnarok. (IMDB)

Hingga akhir tahun 2021, Record of Ragnarok terus menjadi salah satu anime yang populer di Netflix lho.

Wajar saja, anime dengan pengisi suara ternama seperti Miyuki Sawashiro, Tomoyo Kurosawa, dan Tomokazu Seki ini memang penuh dengan teka-teki dan kejutan.

Anime ini bercerita tentang hubungan para dewa dan manusia. Record of Ragnarok  sendiri kini telah tersedia 12 episode dan masing-masing berdurasi 24 menit.

Karena banyak adegan bunuh-bunuhan, anime yang satu ini digolongkan ke dalam genre Seinen.

7. My Dress-Up Darling

Anime My Dress-Up Darling. (IMDB)
Anime My Dress-Up Darling. (IMDB)

Anime ini bercerita tentang Wakana Gojo, siswa SMA yang memiliki mimpi menjadi seniman atau pengrajin boneka, bermodalkan kelebihannya dalam bidang menjahit.

Satu hal yang perlu kamu tahu bahwa Wakana Gojo adalah seorang laki-laki. Jadi kesukaannya pada boneka membuatnya kerap mendapat ejekan dari kawan-kawannya.

Namun pada satu kesempatan, ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Marin Kitagawa, seorang gadis luar biasa cantik yang kepercayaan diri dan ketenangannya sangat kontras dengan kelembutan Gojou.

Pada suatu ketika, Marin tahu jika Wakana pandai membuat baju cosplay. Mereka pun dekat karena Main ternyata suka melakukan cosplay.

Itulah rekomendasi anime Seinen yang dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait