Gadget

Pakai Teknologi Ini, Oppo Find X5 Series Diprediksi Lebih Mahal

Oppo Find X5 akan membawa teknologi anti-guncangan dan chip NPU buatan perusahaan.

Rezza Dwi Rachmanta

Poster peluncuran Oppo Find X5 series. (Oppo China)
Poster peluncuran Oppo Find X5 series. (Oppo China)

Hitekno.com - Bocoran terbaru mengklaim bahwa Oppo Find X5 series dapat meluncur dengan banderol harga lebih mahal dibanding generasi sebelumnya. Hal tersebut disebabkan oleh harga komponen dan teknologi anyar di dalam perangkat.

Laporan dari IT Home mengungkap bahwa biaya teknologi anti-guncangan terbaru pada HP flagship Oppo bisa melebihi 50 dolar AS.

Untuk ukuran HP flagship, angka tersebut mungkin tidak terlihat banyak. Meski begitu, biaya BOM (bill of material) biasanya naik sekitar 2 hingga 3 kali lipat jika dikonversi ke harga eceran.

Oppo Find X5 series diprediksi bakal menggunakan “suspended anti-shake technology” untuk pertama kalinya. Ini sangat mirip dengan kombinasi "sensor-shift + OIS" yang digunakan Apple pada iPhone 13 series.

Dikutip dari Gizmochina, Find X5 akan mengusung chip NPU pertama yang dikembangkan sendiri oleh Oppo. Dijuluki 'MariSilicion X', chip tersebut diyakini membuat biaya produksi HP flagship cenderung lebih mahal.

Oppo Find X5 Pro hadir dalam versi Dimensity 9000. (Weibo/ Oppo)
Oppo Find X5 Pro hadir dalam versi Dimensity 9000. (Weibo/ Oppo)

Tak hanya itu, dapur pacu Snapdragon 8 Gen 1 yang lebih mahal dibanding Snapdragon 888 generasi terakhir bisa meningkatkan harga jual perangkat.

IT Home memperkirakan bahwa Oppo Find X5 bisa dibanderol dengan peningkatan 1.000 yuan atau Rp 2,3 juta dibanding generasi sebelumnya. Sebagai informasi, Oppo Find X3 varian memori terendah (8GB/128GB) dibanderol 4.499 yuan atau Rp 10,2 juta saat meluncur pertama kali di China.

Pada situs resmi TRDA, Oppo Find X5 memiliki nomor model CPH2307, sedangkan model Pro mempunyai nomor model CPH2305. Leaker bernama Abhishek Yadav pernah membocorkan bahwa Oppo Find X5 Pro bakal mengusung sensor kamera utama Sony IMX766 50 MP dengan OIS.

Detail kamera Oppo Find X5 Pro. (TRDA)
Detail kamera Oppo Find X5 Pro. (TRDA)

TRDA dan database Camera FV-5 turut mengungkap detail kamera Oppo Find X5 series. Perangkat varian standar bakal mengusung kamera utama 50 MP yang akan menghasilkan gambar dengan piksel 12,6 MP.

Fitur kamera termasuk Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS). Kamera memiliki bukaan f/1.8 dan panjang fokus 24,6 mm.

Perangkat menjalankan ColorOS berdasarkan sistem operasi Android 12. Chipset Snapdragon 8 Gen 1 (serta Dimensity 9000 pada model Oppo Find X5 Pro) dipasangkan dengan RAM LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 512GB.

Berita Terkait