Gadget

Xiaomi 12 Ultra Diprediksi Usung Chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus

Xiaomi 12 Ultra siap membawa chipset yang lebih baik dibanding versi standarnya.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]

Hitekno.com - Xiaomi 12 Ultra diprediksi dapat meluncur dengan membawa chipset terbaru dari Qualcomm. Leaker membocorkan bahwa HP flagship selanjutnya dari Xiaomi dapat mengusung chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus.

Bocoran sebelumnya mengklaim bahwa Xiaomi 12 Ultra dapat meluncur sebentar lagi. Meski begitu, kita sepertinya harus menunggu lebih lama mengingat varian Plus dari SoC andalan Qualcomm biasanya diumumkan pada semester kedua.

Oleh sebab itu, Xiaomi 12 Ultra diharapkan bakal debut sebelum akhir kuartal ketiga 2022. Dikutip dari GSMArena, perangkat flagship Xiaomi muncul dengan membawa SoC Qualcomm SM8475.

Kita sampai saat ini belum mengetahui nama komersial dari model SoC SM8475. Mengingat Snapdragon 8 Gen 1 non-Plus membawa nomor model SM8450, chipset tersebut dispekulasikan mengusung tambahan nama Plus di belakangnya.

Qualcomm Plus diprediksi bakal diproduksi pada proses fabrikasi 4 nm TSMC, bukan Samsung, yang menjadi basis Snapdragon 8 Gen 1 saat ini.

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. (Qualcomm)
Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. (Qualcomm)

Perlu diketahui, Xiaomi 12 series sudah memiliki beberapa anggota termasuk Xiaomi 12, Xiaomi 12X, dan Xiaomi 12 Pro. Varian Ultra bakal melengkapi jajaran Xiaomi 12 series yang sudah meluncur sebelumnya.

Pada bocoran sebelumnya, Digital Chat Station mengklaim bahwa Xiaomi 12 Ultra siap meluncur dengan layar 6,5 hingga 6,6 inci beresolusi 2K. Sebagai informasi, Mi 11 Ultra mempunyai layar sebesar 6,81 inci sehingga generasi penerus nampak mengusung ukuran lebih compact.

Laporan terpisah dari Parvez Khan (alias Technizo Concept) dan LetsGoDigital telah memamerkan desain render 3D dari Xiaomi 12 Ultra.

Render Xiaomi 12 Ultra. (YouTube/ Technizo Concept via LetsGoDigital)
Render Xiaomi 12 Ultra. (YouTube/ Technizo Concept via LetsGoDigital)

Modul kamera diprediksi turut menyertakan sensor 48 MP dengan kamera ultrawide dan kamera zoom telefoto periskopik. Deretan sensor pada Xiaomi 12 Ultra membawa dukungan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 120x digital zoom. Ini masih sebatas prediksi dan render sehingga kita perlu menunggu konfirmasi perusahaan terkait fitur yang ada pada Xiaomi 12 Ultra.

Berita Terkait