Gadget

Tutorial Cara Print Bolak Balik di Word, Bisa Manual dan Otomatis

Berikut ini tutorial Microsoft Word, bagaimana cara print bolak balik dengan mudah.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi printer. (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi printer. (Pixabay/mohamed_hassan)

Hitekno.com - Sampai saat ini masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara print bolak balik di Word, padahal dengan cara ini kamu jadi bisa mencetak dua halaman dalam satu lembar kertas saja. Ikuti tutorial Microsoft Word yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Kalau dokumen yang diprint hanya sedikit tentu tidak jadi masalah untuk mencetak setiap satu halaman dalam selembar kertas, tapi kalau jumlah halaman yang ingin dicetak jumlahnya puluhan maka sebaiknya kamu print dokumen tersebut bolak balik ya karena bisa menghemat kertas sampai 50%.

Cara print bolak balik di Word yang paling mudah yaitu apabila printer yang kamu miliki mendukung fitur duplex printing untuk melakukan print dokumen bolak-balik.

Dengan fitur duplex printing ini secara otomatis akan mencetak dokumen pada dua sisi kertas sekaligus dalam sekali cetak. Jadi kamu tidak perlu repot-repot membolak balik kertas satu persatu.

Beberapa jenis printer yang dilengkapi dengan fitur duplex diantaranya yaitu BrotherDCP-L2540DW, Epson L4160, HP LaserJet Pro M15w dan lain-lain.

Lalu kamu bisa ikuti tutorialatau langkah-langkah berikut ini untuk mencetak dokumen bolak-balik melalui printer yang mendukung fitur duplex printing :

  • Buka dokumen Word yang ingin kamu print bolak balik
  • Kemudian klik menu File
  • Lalu pilih opsi menu Print
  • Maka akan muncul popup menu Setting print, lalu pada menu Pages klik opsi menu Print on Both Sides dari dropdown menu
  • Setelah itu dokumen Word yang kamu print akan tercetak secara otomatis pada kedua sisi kertas
Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Namun bagaimana kalau printer kamu tidak mendukung fitur duplex printing? Tenang saja kamu tetap bisa kok mencetak dokumen Word bolak-balik tersebut secara manual.

Dengan cara ini dokumen word yang kamu print akan tercetak di sisi pertama lembar kertas, kemudian kamu tinggal membalik kertas tersebut agar halaman selanjutnya yang ingin di print bisa tercetak pada sisi lain lembar kertas.

Ikuti langkah-langkah berikut ini apabila kamu ingin print dokumen Word bolak balik menggunakan printer biasa :

  1. Pilih halaman pada dokumen Word yang ingin kamu print pada lembar kertas halaman pertama
  2. Klik menu File lalu klik Print
  3. Dan pilih opsi menu Print Current Pages
  4. Kemudian klik OK
  5. Apabila proses print halaman pertama sudah selesai, kamu harus membalik kertas tersebut dan kembali ke halaman dokumen Word selanjutnya yang ingin diprint pada sisi kertas lainnya
  6. Setelah itu klik menu File lalu klik opsi Print kembali
  7. Klik OK dan tunggu hingga proses print halaman kedua selesai

Itulah cara print bolak balik di Word yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kertas. Jadi baik menggunakan printer dengan fitur duplex printing ataupun dengan printer biasa, kamu tetap bisa print dokumen word bolak balik ya. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait