Gadget

Tutorial Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word, Mudah dan Cepat

Mudah dan cepat, berikut ini tutorial Microsoft Word untuk membuat nomor halaman berbeda.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word dengan mudah? Cek tutorial Microsoft Word dari Tim HiTekno.com berikut ini.

Kalian tengah mengerjakan tugas akhir skripsi? Atau kalian tengah membuat laporan pertanggungjawaban menggunakan Microsoft Word tapi bingung bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda?

Tentu tata cara penulisan bisa berbeda-beda salah satu contohnya yakni di dalam satu dokumen harus menyantumkan romawi dan angka. Nanum hal tersebut rupanya cukup sulit dilakukan untuk orang-orang pada umumnya.

Berikut tim HiTekno.com rangkum tutorial cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word. Yang akan memudahkan kamu dalam menggarap dokumen.

Seperti halnya di bagian halaman cover, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel menggunakan huruf romawi sebagai penanda halamannya layaknya angka-angka sebagai penanda setiap halamannya.

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Memang terdengar sedikit rumit namuan akan terasa mudah jjika kalian mengikuti langkah-langkahnya secara seksama, ini dia cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word:

  1. Bukalah file Word yang telah kalian buat sebelumnya
  2. Kemudian pilih dan klik menu pilihan "Insert" yang ada di title bar atau dibagian atas dokumen
  3. Setelah itu pilih dan klik pada sub menu "Page Number" 
  4. Lalu pilih "Format Page Number"
  5. Pada kolom "Start at" kalian bisa memilih kalian ingin membuat angka atau romawi sesuai dengan yang kalian butuhkan, sebagai contoh kalian bisa mengawali dari angka 5 atau romawi ii atau i
  6. Setelah selesai melakukan pengeditan kemudian klik "OK"
  7. Kemudian akan muncul penomoran yang telah kalian buat sebelumnya pada halaman tersebut, langkah selanjutnya adalah letakkan kursor di antara halaman yang akan kalian buat berbeda dalam penomorannya
  8. Kemudian pilih dan klik menu pilihan "Page Layout" > "Page Break"
  9. Lalu pilih "Next Page"
  10. Pada nomor halaman kalian bisa klik dua kali hingga muncul blok berwarna biru dan selanjutnya kalian bisa masuk ke menu pilihan "Page Number" untuk melakukan pengaturan seperti di awal.

 

Cara ini bisa kalian terapkan di berbagai jenis Windows yang berbedad-beda, meskipun terlihat sedikit rumit namun jika kalian mengikuti langkah demi langkahnya secara seksama maka proses pembuatan nomor halaman yang berbeda ini terasa sangat mudah terutama bagi para pemula yang belum terlalu mahir dalam mengoperasikan Microsoft Word. 

Nah, itulah cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word yang bisa kalian coba pada laptop atau PC kalian masing-masing. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas..

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait