Gadget

Tutorial Cara Merapikan Titik Dua pada Dokumen Word dengan Cepat

Mudah dan cepat, ini cara merapikan titik dua pada dokumen Word.

Agung Pratnyawan

Logo Microsoft Word. (Microsoft)
Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Apakah kamu sudah tahu cara merapikan titik dua pada dokumen Word? Cek tutorial Microsoft Word yang dirangkum tim HiTekno.com untuk merapikan tanda tersebut.

Cara merapikan titik dua di Word ini harus kamu ketahui agar tanda titik dua pada dokumen yang kamu buat terlihat sejajar sehingga memudahkan orang lain untuk membacanya.

Apalagi kalau dokumen yang kamu buat merupakan dokumen formal yang bersifat penting, sudah pasti dokumen tersebut harus terlihat profesional ya.

Penggunaan tanda baca titik dua ( : ) memiliki fungsi yang beragam seperti memberitahukan bahwa uraian kata setelah titik dua merupakan bukti yang menjelaskan hingga menjelaskan unsur dari kalimat sebelum titik dua tersebut.

Nah pada saat membuat dokumen Word, apabila kamu memasukkan titik dua secara manual dengan menekan tombol Spasi pada keyboard kamu berkali-kali maka sudah pasti hasilnya tidak akan sejajar dan terlihat berantakan.

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Jangan gunakan cara seperti itu lagi ya! Karena berikut ini cara merapikan titik dua di Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat :

1. Menggunakan tombol TAB pada keyboard

  • Buka dokumen Word yang ingin kamu merapikan titik dua nya
  • Lalu letakkan kursor pada huruf terakhir tulisan sebelum tanda titik dua (:) berada
  • Kemudian tekan tombol Tab pada keyboard
  • Selanjutnya kamu tinggal lakukan hal yang sama pada tulisan lain hingga semua posisi tanda titik dua sejajar

2. Menggunakan fitur Ruler

  • Buka dokumen Word yang ingin kamu merapikan tanda titik dua nya dan blok semua tulisan
  • Kemudian klik tab Insert dan beri tanda ceklis pada opsi menu Ruler agar muncul ruler atau penggaris pada bagian atas dokumen
  • Apabila Ruler sudah muncul, klik pada tempat di Ruler yang kosong dan tahan mouse hingga muncul tanda berbentuk huruf L
  • Lalu geser dan tahan tanda L tersebut sesuai dengan batas yang ingin kamu gunakan untuk tanda titik dua
  • Selanjutnya letakkan kursor sebelum tanda titik dua dan tekan tombol Tab pada keyboard, maka secara otomatis tanda titik dua akan berhenti pada garis L yang kamu buat tadi
  • Selesai! Sekarang tanda titik dua pada dokumen kamu terlihat lebih rapi

Itulah beberapa cara merapikan titik dua di Word yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi lebih mudah kan untuk merapikan tanda titik dua pada dokumen Word kamu menjadi sejajar! Selamat mencoba tutorial Microsoft Word!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait