Gadget

Cara Menghapus File Sampah di Android, Bikin Memori Lega

Mudah, berikut ini cara menghapus file sampah di Android untuk kamu.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Hitekno.com - Apa smartphone Android kamu lemot? Hal ini bisa saja disebabkan oleh file sampah yang masih tertinggal di smartphone kamu. File sampah adalah berkas yang tersimpan pada memori smartphone yang terus menumpuk tetapi tidak memiliki manfaat. Coba gunakan cara menghapus file sampah di Android berikut ini untuk mengatasinya.

File sampah ini biasanya terkumpul pada folder sampah di HP Android. Meski aplikasi sudah dihapus, terkadang masih ada sisa file yang memenuhi penyimpanan smartphone. Sehingga akan membuat HP menjadi lemot dan tidak bekerja optimal.

Cara menghapus file sampah di Android bisa menjadi solusi agar HP lancar kembali. Cara menghapus sisa file yang masih "nyangkut" setelah uninstall aplikasi, ada beberapa trik yang bisa dilakukan, khususnya untuk perangkat smartphone Android.

Berikut cara menghapus file sampah di Android yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Menghapus File Sampah di Android Melalui Pengaturan

  • Pertama, buka menu "Pengaturan" (Settings) di smartphone kamu.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan opsi "Aplikasi" (Apps).
  • Klik opsi tersebut, lalu pilih aplikasi mana yang akan kamu uninstall.
  • Cara menghapus file sampah di Android selanjutnya, klik aplikasi tersebut, kemudian pilih menu "Storage" di halaman "App Info".
  • Setelah itu, akan muncul rincian penyimpanan dari aplikasi yang kamu pilih, dengan informasi kapasitas "Data" dan "Cache" di dalamnya.
  • Untuk membersihkan file atau dokumen yang tersisa di aplikasi, kamu bisa langsung menekan tombol "Clear Data" dan "Clear Cache" yang ada di bagian bawah.
  • Jika sudah, kamu bisa langsung uninstall aplikasi tersebut pada menu yang tersedia.
  • Setelah proses uninstall selesai, nantinya seluruh sisa file yang berasal dari aplikasi tersebut akan hilang secara otomatis.
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Cara Menghapus File Sampah di Android Melalui Aplikasi

Salah satu aplikasi terpercaya yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi Files dari Google. Files adalah aplikasi pengelola file untuk smartphone Android yang dirilis resmi oleh Google.

Lewat aplikasi ini, pengguna bisa mengosongkan ruang penyimpanan, menemukan file dengan cepat, berbagi file secara offline, mencadangkan file ke dalam cloud, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Files dari Google ini juga bisa digunakan untuk membersihkan sampah serta sisa-sisa file dari aplikasi yang sudah di uninstall. Aplikasi Files Kamu bisa memilih file apa saja yang akan dihapus.

Selain menghapus file sisa, melalui Files ini kamu juga bisa menghapus file "sampah" untuk memperluas ruang penyimpanan.

Mudah banget kan? Kini kamu tak perlu khawatir kalau HP Android kamu tiba-tiba lemot. Gunakan cara menghapus file sampah di Android kamu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait