Gadget

Perbedaan Fitur WhatsApp, Telegram, dan LINE untuk Bisnis Online

WhatsApp, Telegram, dan LINE masing-masing punya fitur sendiri yang mendukung bisnis online.

Agung Pratnyawan

Aplikasi chat. (Pixabay)
Aplikasi chat. (Pixabay)

Hitekno.com - Selama pandemi melanda, tercipta tantangan baru di dunia usaha secara global, termasuk di Indonesia. Bisnis online menjadi salah satu solusi yang muncul, termasuk pemanfaatan layanan aplikasi chat populer. Seperti WhatsApp, Telegram, dan LINE menjadi andalan.

Selama pandemi berlangsung, para pelaku bisnis didorong untuk bisa bersikap adaptif dan inovatif dalam menghadapi tantangan berbisnis.

Meskipun begitu, seiring dengan membaiknya situasi Covid-19 di Indonesia, keadaan ekonomi negara pun mulai membaik sehingga membuka kesempatan bagi para pelaku usaha untuk mulai mendorong performa bisnis mereka pasca pandemi.

Berbagai metode dapat dilakukan untuk mendorong performa bisnis, misalnya melalui strategi marketing di media sosial maupun aplikasi pengirim pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, dan LINE.

Di dunia bisnis online, ketiga platform pengirim pesan instan atau aplikasi chat tersebut – WhatsApp, Telegram, dan LINE – lumrah digunakan oleh para pelaku usaha di Indonesia untuk menjual dan mempromosikan produk bisnis mereka.

Aplikasi chat. (Pixabay)
Aplikasi chat. (Pixabay)

Ketiga aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat bermanfaat bagi para pelaku usaha untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka, khususnya di pasar online. Misalnya, pemasangan iklan produk di beranda aplikasi pesan instan hingga berinteraksi langsung dengan pembeli lewat fitur chat privat.

Namun demikian, di sisi lain, dengan banyaknya platform pengirim pesan instan saat ini, para pelaku usaha mungkin pernah merasa kesulitan dalam menentukan platform mana yang paling tepat digunakan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Nah, untuk menentukan platform yang tepat, penting bagi para pelaku usaha untuk dapat memahami perbedaan-perbedaan utama dari masing-masing aplikasi, khususnya dalam hal fitur-fitur yang ditawarkan yang relevan dengan kebutuhan bisnis.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? Yuk, simak perbedaan-perbedaan utama dari beberapa aplikasi pengirim pesan instan terpopuler – WhatsApp, Telegram, dan LINE – pada tabel berikut ini!

Perbedaan Fitur WhatsApp, Telegram, dan LINE. (Telegram)
Perbedaan Fitur WhatsApp, Telegram, dan LINE. (Telegram)

Menarik, bukan? Dengan mengetahui perbedaan-perbedaan utama dari berbagai fitur platform pengiriman pesan instan yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis, kini kamu dapat lebih mudah menentukan platform mana yang paling cocok dengan kebutuhan bisnismu. 

Melihat perbedaan fitur WhatsApp, Telegram, dan LINE di atas, sesuaikan aplikasi chat yang cocok dengan bisnis online kamu.

Berita Terkait