Gadget

Daftar Aplikasi Word Alternatif Microsoft Office

Cari alternatif Microsoft Office, gunakan beberapa aplikasi Word berikut ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Inilah daftar aplikasi Word yang harus kamu ketahui untuk menunjang kebutuhan dokumen kamu. Bagi kamu yang aktif menggunakan perangkat komputer maupun laptop dalam kegiatan sehari-hari, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan penggunaan program Microsoft Word?

Word adalah perangkat lunak pengolah kata bagian dari Microsoft Office andalan dari Microsoft yang biasa digunakan untuk membantu dalam pembuatan dokumen yang rapi untuk berbagai macam kebutuhan.

Program Microsoft Word biasanya digunakan pada perangkat komputer maupun laptop, namun kamu juga bisa loh menggunakan aplikasi Word pada smartphone untuk memudahkan kamu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen seperti misalnya untuk pembuatan laporan, surat, makalah, dan lain-lain.

Pada saat ini aplikasi Word di smartphone banyak diminati karena lebih mudah digunakan, jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot membuka laptop ataupun komputer apabila ingin menulis atau mengerjakan tugas. Penasaran apa saja sih aplikasi Word yang bisa kamu install?

Berikut ini beberapa daftar rekomendasi aplikasi Word yang bisa kamu pilih untuk melengkapi kebutuhan dokumen kamu dan alternatif dari Microsoft Office:

1. WPS Office

WPS Office (WPS Office)
WPS Office (WPS Office)

WPS Office merupakan aplikasi Word untuk perangkat Android yang hadir dengan fitur cukup lengkap dengan kapasitas yang kecil hanya berkisar 25 MB. Dengan menggunakan aplikasi Word yang satu ini, kamu bisa mengedit dokumen hingga membuat presentasi dengan berbagai format file.

Selain itu, tersedia juga beberapa fitur tambahan yang dijamin akan memudahkan kamu mengerjakan dokumen layaknya di komputer walaupun hanya menggunakan smartphone.

2. Google Doc

Ilustrasi Google Docs. (Google)
Ilustrasi Google Docs. (Google)

Google Doc adalah layanan pengolah kata, lembar kerja, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Google Doc bukan hanya aplikasi Word saja, tetapi dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga bisa lebih leluasa dalam mengakses semua file baik itu dalam bentuk word, excel maupun power point yang ada di drive.

Selain itu kamu juga akan lebih mudah menyimpan file-file yang kamu miliki karena sistem penyimpanan Google Drive yang menyediakan ruang penyimpanan gratis cukup besar untuk kamu gunakan.

3. OfficeSuite

Aplikasi Word di iPhone - OfficeSuite. (Apple App Store)
Aplikasi Word di iPhone - OfficeSuite. (Apple App Store)

Aplikasi Word yang satu ini juga menawarkan program word, excel, Power Point, juga PDF dalam satu aplikasi yang sama yaitu OfficeSuite. Format dokumen yang mendukung dalam aplikasi ini yaitu DOC, DOCX, DOCM, XLS, XLSX, XLSM, PPT, PPTX, PPS, PPSX, PPTM, dan PPSM.

Selain itu aplikasi OfficeSuite ini juga mampu mengedit file PDF secara langsung loh.

4. Polaris Office

Polaris Office. (Polaris Office).
Polaris Office. (Polaris Office).

Aplikasi Word yang satu ini merupakan salah satu aplikasi office Android dengan fitur terlengkap. Polaris Office menyediakan fitur untuk melihat, menampilkan, mengedit dan menyimpan segala tipe dokumen di mana saja dan kapan saja.

Selain itu aplikasi ini juga mendukung untuk semua format file seperti DOC/DOCX, HWP, PPT/PPTX, TEXT, XLS/XLSX hingga PDF. Tampilan dari aplikasi ini juga dijamin akan membuat kamu nyaman menggunakannya.

Meskipun aplikasi ini menyediakan cloud drive sendiri yang bernama Polaris Drive, tapi kamu tetap bisa memilih untuk menggunakan drive lain loh.

5. Docs to Go

Docs To Go. (Google Play Store)
Docs To Go. (Google Play Store)

Docs to Go merupakan aplikasi Word untuk Android yang ringan, sehingga tidak akan memberatkan kinerja smartphone kamu. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat dokumen, membaca, mengedit, dan lain-lain.

Selain itu kamu juga bisa membaca dan membuat file PPT di sini. Hasil file atau dokumen yang sudah kamu buat nantinya bisa langsung disimpan di memori eksternal maupun penyimpanan cloud.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi Word yang bisa kamu install pada smartphone kamu agar memudahkan kamu membuat ataupun mengedit dokumen dimanapun dan kapanpun. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait