Gadget

Pengguna iPhone Bakal Bisa Perbaiki Unit Rusak dari Rumah

Ini bocoran progam baru Apple untuk pengguna iPhone.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)

Hitekno.com - Ada kabar baik buat kamu pengguna iPhone tanah air. Perusahaan Apple kini memungkinkan kamu perbaiki iPhone rusak milikmu dari rumah lho.

Seperti ponsel flagship pada umumnya, iPhone juga menjadi smartphone yang cukup merepotkan ketika rusak atau bermasalah.

Sebab biasanya, pengguna akan mendapat dua opsi dalam hal perbaikan, yaitu di konter resmi atau tidak.

Jika kamu memilih untuk memperbaiki ponsel rusak di service centre resmi, maka kamu akan dikenakan harga yang sangat mahal, terkadang sampai seperempat harga ponsel kamu.

Kelebihannya jika memilih opsi ini adalah kamu akan mendapat komponen yang original kualitas Apple.

Namun tidak sedikit juga pengguna iPhone yang memilih membawa perangkat rusak mereka ke konter tidak resmi.

Harga yang ditawarkan memang murah, namun kualitas komponen tentu diragukan. Satu lagi, garansi ponsel akan hilang jika kamu memasukkannya ke konter tidak resmi.

Ilustrasi iPhone dengan jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)
Ilustrasi iPhone dengan jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)

Namun kamu tak perlu khawatir, saat ini Apple telah mengumumkan program terbaru untuk pelanggan bernama Self Service Repair.

Sesuai dengan namanya, kamu bisa memperbaiki ponsel kamu yang rusak secara mandiri.

Jika biasanya alat perbaikan dan komponen hanya bisa diperoleh oleh teknisi di Apple Store, Apple Authorized Service Providers (AASP), atau Independent Repair Provider, kini kamu pribadi akan bisa mendapatkannya secara mandiri.

Tahap pertama yang akan dilakukan perusahaan adalah menyediakan program Self Service Repair ini untuk pengguna iPhone 12 dan 13.

Tahap ini juga hanya akan menyediakan tiga jenis suku cadang yang akan ditawarkan kepada konsumen yaitu layar iPhone, baterai, dan kamera, lengkap dengan buku panduan pemasangannya.

Sebagai informasi, program ini baru akan berjalan pada tahun 2022 mendatang. Amerika Serikat adalah negara pertama yang akan diuji coba dengan program Self Service Repair ini.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait