Gadget

Mudah, Ini Cara Menulis Rumus di Word lewat HP Pakai Google Dokumen

Melalui Google dokumen kalian bisa membuat rumus matematika seperti pangkat atas maupun pangkat bawah, bahan pangan tersebut bisa berupa angka maupun huruf.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi pengguna smartphone. (Unsplash/freestocks.org)
Ilustrasi pengguna smartphone. (Unsplash/freestocks.org)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara menulis rumus di Word lewat HP yang sering kali dibutuhkan. Tidak hanya untuk para pelajar dan mahasiswa, penulisan rumus matematika di Word juga bisa saja dihadapi para profesional.

Pesatnya perkembangan teknologi kini telah memunculkan berbagai sumber font yang semakin memudahkan pekerjaan setiap orang.

Salah satunya yakni menulis rumus melalui di word lewat HP rupanya telah bisa dilakukan, salah satunya yakni menggunakan Google Dokumen yang bisa kalian download melalui Google play Store maupun App Store. 

Meskipun fitur yang ditawarkan tidak selengkap di PC maupun laptop namun dengan adanya word melalui mobile tentu hal ini sangat membantu kinerja, apalagi ketika keadaan genting dan kita perlu untuk segera mengedit file tersebut.

Melalui Google dokumen kalian bisa membuat rumus matematika seperti pangkat atas maupun pangkat bawah, bahan pangan tersebut bisa berupa angka maupun huruf loh.

Google dokumen sendiri adalah aplikasi yang tersedia untuk iPhone maupun Android. Hadir sebagai perangkat lunak untuk pengolahan kata, seperti halnya dengan Microsoft Word.

Cara Menulis Rumus di Word lewat HP. (HiTekno.com)
Cara Menulis Rumus di Word lewat HP. (HiTekno.com)

Penasarankan bagaimana caranya, berikut cara menulis rumus di Word lewat HP menggunakan Google dokumen. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Download aplikasi "Google Dokumen" melalui Google Playstore maupun App Store.
  2. Bukalah file baru atau file yang telah kalian buat sebelumnya
  3. Jika ingin membuat file baru kalian bisa mengklik icon "+" 
  4. Lalu klik kolom "Dokumen baru"
  5. Jika kalian memiliki Google keyboard atau biasa disebut dengan "Gboard" sebaiknya digunakan agar mempermudah pembuatan rumusnya
  6. Jika kalian ingin membuat pecahan seperti ½, , ¾ dll kalian bisa mendapatkan secara otomatis melalui Google keyboard tersebut, dengan cara mengklik icon "?123" yang berada di kiri bawah
  7. Lalu selanjutnya kalian mengkilk dengan durasi ±2 detik pada angka yang ingin kalian buat
  8. Lalu akan muncul beberapa rekomendasi jenis pecahan yang ada, semisal kalian mengklik lama pada angka 1 maka akan keluar beberapa rekomendasi pecahan dengan angka pembilang 1 seperti ¹ sampai bahkan tersedia.
  9. Jika kalian membutuhkan untuk membuat rumus huruf disertai pangkat angka kalian bisa menggunakan fitur dari icon "A" yang berada di atas dokumen
  10. Lalu kalian bisa klik icon "X²"
  11. Masukan pangkat atas yang ingin kalian masukkan, hal ini juga bisa kalian lakukan untuk membuat pangkat bawah
  12. Untuk membuat angka bawah kalian bisa klik icon  "X2"
  13. Selain itu kalian juga bisa membuat pangkat di atas pangkat ( Z(x²-y³) ) pangkat atas dengan pangkat bawah sekligus( Y(4.5¹) ) dengan cara terus aktifkan icon "X²" ataupun "X2" maupun lalu kalian klik lama pada angka atau huruf yg ingin kalian masukkan sebagai pangkat.
  14. Kalian bisa membuat rumus matematika seperti contoh ini, selamat mencoba.

Nah, itulah langkah-langkah cara menulis rumus di Word lewat HP menggunakan Google dokumen. Terbilang cukup mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba.

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait