Gadget

SHAREit Masuk 3 Besar Aplikasi Retensi Tertinggi di Asia Tenggara

Pada tingkat global, aplikasi SHAREit menduduki peringkat keempat setelah Google, Facebook, dan TikTok.

Agung Pratnyawan

Aplikasi SHAREit. (SHAREit)
Aplikasi SHAREit. (SHAREit)

Hitekno.com - SHAREit Group mengumumkan pencapaiannya dari aplikasi andalan mereka, SHAREit. Produk ini telah menduduki peringkat ketiga di Asia Tenggara sebagai aplikasi dengan retensi tinggi di platform Android untuk kawasan Asia Tenggara.

Tidak hanya mendapatkan retensi tinggi, aplikasi SHAREit juga memiliki volume IAP (in-app purchase atau pembelian dalam aplikasi) tinggi di platform Android khususnya untuk kategori keuangan dan e-commerce. 

Penentuan peringkat ini dikeluarkan oleh AppsFlyer, perusahaan atribusi global terkemuka yang pada pekan ini merilis Laporan Indeks Kinerja edisi ke-13 yang menjadi rujukan bagi industri periklanan seluler.

Laporan tersebut menghimpun data yang berasal dari 623 media publishers, 33 miliar app installs, 17.000 aplikasi, serta 55 miliar pembukaan aplikasi.

Pada tingkat global, aplikasi SHAREit menduduki peringkat keempat setelah Google, Facebook, dan TikTok, sebagai platform periklanan berbasis aplikasi dalam peringkat volume indeks IAP di semua kategori non-gim.

Aplikasi SHAREit juga telah memperluas pengaruhnya ke pasar lain, yang terbukti dengan peringkatnya sebagai publisher dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Utara dan tercepat kedua di Amerika Latin setelah TikTok.

Peringkat yang berhasil diraih ini menyoroti peranan SHAREit yang semakin meningkat sebagai platform pilihan bagi marketer seluler yang ingin mendorong kualitas dari pengguna dan branding.

Ada ratusan pelanggan perusahaan dari aplikasi kategori keuangan dan e-commerce yang menjadi kunci pertumbuhan strategis bagi perusahaan.

"Pada tahun 2021, pembelian dalam aplikasi mengalami peningkatan di Asia Tenggara karena konsumen beralih dengan lebih banyak berbelanja secara online. Wilayah ini telah mengalami peningkatan pembelanjaan sebesar 240% menurut Laporan AppsFlyer mengenai Pemasaran Aplikasi e-commerce pada tahun 2021. Perbankan seluler dan pembayaran nirsentuh telah muncul sebagai tren utama di Asia Tenggara dan kami sangat antusias untuk mengkatalisis pertumbuhan ini. Hal ini telah menjadi pusat strategi bisnis kami, sejalan dengan tujuan kami untuk menjadi pusat periklanan bagi berbagai merek," kata Partner dan Global Vice-President SHAREit Group, Karam Malhotra. 

"Kami sangat senang dinobatkan sebagai media publisher terkemuka untuk berbagai merek di kategori keuangan dan e-commerce. Ke depannya, kami berharap dapat membantu lebih banyak bisnis untuk dapat berkembang dan bertumbuh bersama."

Fitur utama aplikasi SHAREit adalah berbagi file secara peer to peer, yang memungkinkan para pengguna untuk berbagi video, aplikasi, gambar, dan lainnya, dengan perangkat lain tanpa menggunakan internet atau koneksi Bluetooth.

Sebagai salah satu mitra saluran aplikasi pertama di Google Play, SHAREit juga memastikan berbagi file yang aman dengan fitur Berbagi Aplikasi Offline Peer-to-Peer – memungkinkan pengguna berbagi aplikasi melalui SHAREit, menambahkannya ke Play Library pengguna, dan mengelola pembaruan aplikasi saat perangkat kembali online.

SHAREit juga telah memantapkan dirinya sebagai platform konten digital satu atap, yang menyediakan layanan gim dan konsumsi konten kepada para pengguna.

SHAREit memiliki fitur permainan yang terdedikasi di aplikasi mereka, yang menawarkan berbagai gim berbasis HTML5, video gim, dan opsi untuk mengunduh gim populer. Dengan tersedianya gim di semua genre, SHAREit memiliki salah satu katalog gim seluler terbesar dari pengembang di seluruh dunia.

Momentum kenaikan SHAREit yang mengesankan berlanjut dalam kategori gim (peringkat ke-8 global) serta kategori khusus gim mid-core dan casual menjadi peringkat 10 besar di semua kategori termasuk arcade, puzzle, simulasi, dan gim hyper-casual secara global, berdasarkan Indeks Kinerja AppsFlyer XIII.

Berita Terkait