Dell Technologies Tawarkan Solusi Komputasi Edge, Perkuat Infrastruktur IT

Perusahaan riset IDC memperkirakan 50% infrastruktur IT baru akan digelar di level komputasi edgepada tahun 2023.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:06 WIB
Dell EMC PowerEdge. (Dell)

Dell EMC PowerEdge. (Dell)

Hitekno.com - Dell ologies resmi mengumumkan sejumlah inovasi tentang komputasi edge, yang mencakup portofolio infrastruktur IT dan PC, untuk membantu perusahaan menyederhanakan penerapan dan mendapatkan nilai tambah yang lebih besar dari data yang dihasilkan dan diproses di luar pusat data dan cloud publik tradisional  - semuanya bisa diakses dari berbagai lokasi ekstrem dan terpencil hingga dari toko ritel dan pabrik.

"Edge adalah batas teknologi terbesar berikutnya yang ada di sekitar kita, mulai dari sektor ritel hingga manufaktur, smart cities dan rumah sakit," kata Michael Dell, chairman dan chief executive officer, Dell ologies.

"Di Dell, kami berinovasi menciptakan solusi sederhana sehingga organisasi/perusahaan dapat menganalisa data lebih dekat dengan tempat data tersebut dibuat, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat, meningkatkan hasil, dan mendorong kemajuan." lanjutnya.

Baca Juga: MediaTek AIoT: Peralihan Pemprosesan Data dari Cloud ke Edge

Perusahaan riset IDC memperkirakan 50% infrastruktur IT baru akan digelar di level komputasi edge pada tahun 2023. Dengan 69% perusahaan Fortune 100 sudah menggunakan solusi edge dari Dell ologies, maka perusahaan telah mendukung kebutuhan siklus hidup data yang telah menjadi masa depan teknologi utama.

Solusi dan pembaruan yang diumumkan meliputi:

  • Node satelit Dell EMC VxRail membawa model operasional dan efisiensi VxRail ke lokasi-lokasi edge dengan ukuran yang lebih kecil. Saat ini sektor ritel, manufaktur, dan kantor cabang di lokasi terpencil sudah bisa beroperasi dengan VxRail dengan biaya yang lebih ringan. Sebagai satu-satunya solusi HCI yang dikembangkan bersama VMware, penerapan node satelit VxRail single-node bisa mengotomatisasi kegiatan operasional sehari-hari, mengelola pemantauan kesehatan dan manajemen siklus hidup dari sebuah pusat lokasi tanpa memerlukan sumber daya teknis dan khusus lokal.
  • Dell ologies Validated Design untuk Manufacturing Edge dengan Litmus membantu bisnis menghubungkan, mengelola, dan mengatur berbagai perangkat, data, dan aplikasi edge industrial — mulai dari lantai pabrik hingga enterprise cloud tanpa memerlukan pemrograman. Produsen bisa dengan cepat memutuskan untuk memperbaiki peralatan sebelum rusak, meningkatkan kualitas produksi, dan menghemat biaya dengan analisis data real time dan manajemen perangkat terpusat yang disediakan oleh platform edge Litmus Industrial IoT kelas enterprise. Dibangun di Dell EMC VxRail atau server PowerEdge, dengan opsi untuk menggunakan VMware Edge Compute Stack, ini adalah solusi kedua dari Dell ologies untuk membantu bisnis/perusahaan mengatasi penerapan edge di sektor/perusahaan manufaktur yang kompleks.
  • Dell EMC Edge Gateway membantu perusahaan menghubungkan beberapa perangkat edge sekaligus di lingkungan Teknologi Operasional (TO) dan Teknologi Informasi (TI) untuk mendapatkan wawasan berkualitas. Perangkat Edge Gateway yang ringkas dan tanpa kipas ini dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-9 dan dirancang untuk bisa bertahan di suhu ekstrem mulai dari minus 4 hingga 140 derajat Fahrenheit, serta bisa terhubung ke jaringan 5G dan nirkabel di lingkungan industri yang ekstrem. Perangkat gateway ini juga menawarkan kemampuan penyimpanan dan komputasi yang dapat menjalankan aplikasi pemrosesan dan analitik data di tempat, yang membantu masalah pengumpulan dan pemrosesan data.
  • Platform Dell EMC Streaming Data (SDP) meningkatkan optimalisasi GPU untuk menyerap video streaming dengan latensi dan lingkungan frame rate yang yang lebih rendah, serta mendukung analitik real-time di Dell EMC VxRail dan server PowerEdge. Organisasi/perusahaan dapat menjalankan beban kerja ringan di core tunggal menggunakan edge bundle terbaru, sehingga mereka bisa memulai dan mengembangkan infrastruktur mereka sesuai kebutuhan TI.  
  • Laptop Latitude 5430 Rugged dan Latitude 7330 Rugged Extreme dirancang untuk bisa bertahan di lingkungan ekstrem dan tetap mempertahankan tingkat kinerja dan konektivitas terbaik. Laptop Latitude 5430 Rugged adalah laptop semi-rugged ukuran 14 inci yang sudah memiliki kemampuan 5G3 dan siap bekerja dari mana saja. Sementara laptop Latitude 7330 Rugged Extreme adalah laptop rugged tangguh berukuran 13 inci dengan kemampuan 5G dan siap menghadapi lingkungan yang paling ekstrem sekalipun.

 

Baca Juga: Microchip FPGA Capai Tinggak Baru dalam Kinerja untuk Sistem Edge Computing

Solusi Komputasi Edge dari Dell ologies. (Dell ologies)
Solusi Komputasi Edge dari Dell ologies. (Dell ologies)

Semua inovasi tersebut adalah contoh perluasan portofolio edge Dell yang dirancang dengan kemampuan untuk menjawab kebutuhan unik para pelanggannya. Selain itu, server rak dan tower Dell EMC PowerEdge baru membantu organisasi/perusahaan untuk bisa mengelola semua hal, mulai dari beban kerja bisnis krusial hingga virtualisasi di edge.

"Para pemimpin teknologi menghadapi tantangan yang sangat berat untuk bisa menemukan infrastruktur yang tepat untuk mengelola data di edge dan solusi yang tepat untuk mendapatkan wawasan berkualitas dari data tersebut untuk bisa mengambil keputusan berbasis-data secara real-time," kata Matthew Eastwood, senior vice president, IDC.

"Portofolio baru Dell ologies yang mencakup infrastruktur, PC, dan layanan bisa membantu organisasi/perusahaan, apapun skala mereka, untuk bisa mengerti data yang mereka miliki." imbuhnya.

Baca Juga: Stratus Gandeng NEC Indonesia, Pasarkan Platform Edge Computing Lebih Luas

Dell ologies mendukung Topgolf menghadirkan pengalaman olahraga berbasis teknologi.

Topgolf Entertainment Group setiap tahun mempertemukan lebih dari 23 juta tamu di seluruh 72 lokasinya di 5 negara, yang merupakan lokasi perpaduan antara teknologi dan hiburan. Topgolf menggunakan Dell EMC VxRail di semua lokasi mereka untuk menyediakan kebutuhan komputasi yang dibutuhkan untuk menghadirkan pengalaman teknologi dan hiburan tersebut bagi para pelanggannya.

"Topgolf secara kreatif menghubungkan orang-orang melalui pengalaman olahraga yang didukung oleh teknologi," kata Andrew Macaulay, Chief ology Officer, Topgolf Entertainment Group.

Baca Juga: Dukung Pemerataan Ekonomi Digital, Surge Bangun Edge Data Center

"Dell ologies menyediakan komponen yang sangat penting bagi strategi kami dan memberdayakan berbagai teknologi penting, salah satunya teknologi Toptracer, yang merupakan kunci untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi para tamu kami."

Ketersediaan

  • Node satelit Dell EMC VxRail akan tersedia di seluruh dunia mulai 30 November 2021.
  • Model Dell ologies Edge Gateway baru akan tersedia di seluruh dunia mulai awal tahun 2022.
  • Dell ologies Validated Design untuk Manufacturing Edge akan tersedia di seluruh dunia mulai 26 Oktober, 2021.
  • Pembaruan Platform Dell EMC Streaming Data akan tersedia di seluruh dunia mulai 30 Oktober 2021.
  • Laptop Dell Latitude Rugged 5430 dan 7730 bisa dipesan mulai 9 Desember 2021, dan sudah termasuk Windows 11. 
Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak