Gadget

Ternyata Ini yang Bikin Proses Rakit PC Ribet dan Memakan Waktu Lama

Yang sering rakit PC pasti tahu masalah ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Rakit PC. (Pixabay)
Ilustrasi Rakit PC. (Pixabay)

Hitekno.com - Apakah kamu pernah merakit PC, dan apa yang menjadi kendala dalam prosesnya? Nampak serperti pada postingan viral di media sosial, curhatan persoalan rakit PC yang bikin ribet ini.

Dalam sebuah postingan di Facebook, menampilkan curhatan soal masalah rakit PC yang tidak teratasi sampai sekarang. Padahal komputer makin canggih modern, namu hal ini masih jadi masalah.

Seperti diketahui, rakit PC menjadi salah satu cara yang sering dilakukan ketika spesifikasi perangkat komputer buatan pabrik masih kurang menarik buat pengguna.

Dengan melakukan rakit PC maka kamu akan mendapat spesifikasi perangkat sesuai yang diinginkan.

Meski demikian, ada satu masalah yang banyak ditemui oleh mereka yang suka merakit PC yaitu terlalu banyaknya kabel penghubung yang dibutuhkan.

Sebuah foto yang diunggah akun Facebook Cebong Hardware Indonesia seolah mewakili isi hati pecinta PC rakitan Tanah Air. Dalam foto tersebut, terdapat beberapa kabel yang harus digunakan oleh perakit PC.

"Kenapa nggak dibikin standarisasi. Cukup satu colokan front panel buat power switch, HDD LED, sama reset reset. Sesulit itukah bikin standarisasi?," bunyi keterangan dalam unggahan viral di media sosial tersebut.

Masalah Rakit PC yang Tak Teratasi sampai Sekarang. (Facebook)
Masalah Rakit PC yang Tak Teratasi sampai Sekarang. (Facebook)

Sebagai diketahui, kabel tersebut penghubung tombol power, tombol reset, indikator HDD, USB dan bagian-bagian di front panel dengan motherboard.

Maksud dari unggahan tersebut adalah pengguna ingin agar hanya ada satu kabel front panel saja yang menghubungkan semuanya. 

Jika hal itu terjadi maka rakit PC diyakini akan lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk perintilan kabel penghubung komponen satu dengan yang lainnya.

Postingan tersebut pun mendapat banyak respons dari pengguna Facebook dan pecinta rakit PC lainnya.

Ada netizen yang setuju dengan ide kabel satu front panel untuk semua tersebut. Namun tak sedikit pula yang mengaku jika hal itu malah merugikan.

Sebab jika ada satu komponen saja rusak maka pengguna diharuskan mengganti semua front panelnya.

"Saya rasa biar tetap gitu aja agar mempermudah saat pergantian. Jadi gak perlu ganti semua. Jika dibikin satu konektor/colokan. Paling sering rusak ya komponen switch untuk reset/on off. Kalau paham elektronik gampang, kalau gak paham ya harus ganti satu set yang rusak," tulis salah seorang netizen.

Masalah Rakit PC yang Tak Teratasi sampai Sekarang. (Facebook)
Masalah Rakit PC yang Tak Teratasi sampai Sekarang. (Facebook)

Namun tak sedikit pula yang justru pamer jika mereka sudah memiliki konektornya sejak lama.

"Lho colokan front panel PC built up dijadiin satu kok sejak zaman baheula. Kalau PC luar built up memang belum ada. Tapi dulu Asus pernah bikin inovasi namanya Q-Conector. Yang memudahkan tukang rakit PC masang colokan front panel. Sayang gak dilanjut lagi padahal berguna banget."

"Bener banget ini. Entah kenapa gak digabung padahal paling ribet yang dibagian sini," tambah yang lain. 

"Untung Gigabyte ngasih konektor ini buat nyolokin front panelnya."

Itulah foto viral di media sosial soal banyaknya kabel front panel yang katanya bikin masalah rakit PC tak bisa teratasi sampai sekarang.

Buat kamu yang pernah merakit PC, apakah pernah bermasalah dengan kabel front panel juga? Dari banyaknya inovasi namun masalah kabel ini masih belum teratasi saat rakit PC.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait