Gadget

Masuk Ranah Hukum, Ini Kelanjutan Konflik Apple dan Epic Games

Jika Apple memenangkan banding, maka akan ada perubahan peraturan pada aplikasi Epic Games.

Amelia Prisilia

Logo Apple. (Pexels/Duophenom)
Logo Apple. (Pexels/Duophenom)

Hitekno.com - Konflik antara Apple dan Epic Games kian memanas. Usai resmi masuk ranah hukum, kini Apple mengajukan banding pada developer game tersebut. Buntut konflik ini rupanya cukup berpengaruh pada kehadiran game Fortnite di perangkat iPhone.

Kabar mengenai pengajuan banding dari Apple ke Epic Games ini santer beredar akibat sebuah dokumen yang terungkap ke publik. Dalam dokumen tersebut, Apple ini memberikan banding dan meminta adanya penundaan pembagian tautan dalam aplikasi.

Dilansir dari GSM Arena, dalam dokumen tersebut, jika Apple memenangkan banding, maka akan ada perubahan peraturan pada aplikasi. Sayangnya, proses ini dipastikan akan berlangsung dalam waktu yang lama.

Sebelumnya, Apple berhasil memenangkan 8 dari 10 klaim yang dibuat Epic Games dalam persidangan sebelumnya. Poin kekalahan Apple hanya terkait pada sistem pembayaran dalam aplikasi.

Alasan terkait sistem pembayaran dalam aplikasi yang ditentang Apple ini karena fokusnya guna melindungi Apple user dari penipuan dan akses data pribadi yang takutnya justru membahayakan.

Logo Epic Games Store. (YouTube/ Epic Games)
Logo Epic Games Store. (YouTube/ Epic Games)

Sebelumnya, pada bulan September 2021 lalu, Apple berhasil memenangkan gugatan antimonopoli yang diajukan Epic Games. Tahun 2020 lalu, Epic Games melanggar kontrak dengan Apple dan membawa sistem pembayaran sendiri dalam aplikasi.

Karena konflik antara Apple dan Epic Games ini, banyak player Fortnite khawatir jika game ini tidak bisa dimainkan lagi di perangkat iPhone yang digunakan. Namun, hal tersebut masih belum diketahui kepastiannya.

Tidak diketahui dengan pasti mengenai akhir konflik Apple dan Epic Games yang berpengaruh ke sejumlah hal penting lainnya. Perlu menanti hingga ada hasil putusan secara hukum nantinya.

Berita Terkait