3 Tips Cegah HP Panas saat Main Game Mobile

HP panas saat main game mobile? Baca tips ini.

Agung Pratnyawan
Kamis, 07 Oktober 2021 | 20:00 WIB
Main game dengan HP Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)

Main game dengan HP Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Smartphone saat ini bukan menjadi alat komunikasi saja, namun juga barang hiburan dan penunjang aktivitas sehari-hari. Terlebih main game mobile, yang sering dilakukan banyak orang.

Berbeda dengan memantau media sosial, menonton film, atau mendengarkan musik, main game sering kali membuat HP panas. Terlebih game-game berat.

Ketika digunakan untuk menjalankan tugas berat seperti aktivitas gaming, smartphone kamu mungkin akan mengalami panas berlebih saat.

Baca Juga: Oppo Reno6 WaVe Special Limited Edition, Hasil Kolaborasi dengan AOV

Saat terjadi overheat, sistem secara otomatis akan melambatkan kinerja untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam smartphone. Hal inilah yang menyebabkan smartphone jadi lemot dan kurang responsif.

Jika suhu HP panas meninggi bisa mengakibatkan berbagai masalah serius pada smartphone, seperti bocornya baterai, kehilangan data, dan masalah pelik lainnya.  Bahkan, smartphone bisa mati total dan tidak bisa dinyalakan lagi ketika sudah melewati suhu tertentu.

Untuk menghindari hal tersebut, beberapa tips menghindari HP panas saat main game mobile dari Oppo Indonesia yang bisa kamu lakukan:

Baca Juga: Fitur Oppo Reno6 Ini Bakal Bantu Menghindari Lag saat Main Game Mobile

1. Tutup Aplikasi Tak Terpakai

Saat gaming, hampir 100% kinerja perangkat diarahkan ke aplikasi game. Aplikasi yang berjalan di background bisa menyedot sumber daya dan menyebabkan smartphone menjadi lemot.

Biasanya, aplikasi yang sering masih berjalan di background adalah browser, musik, dan media sosial. Untuk melakukannya, periksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan. Perhatikan aplikasi yang paling banyak memakan RAM (Random Access Memory).

Baca Juga: Cara Sambungkan Oppo Reno6 ke Layar TV

Matikan aplikasi tidak penting selain game pilihanmu agar masih banyak kapasitas RAM yang tersisa.

2. Bersihkan Ruang Simpan

Seringkali smartphone penuh dengan aplikasi yang tidak penting dan jarang sekali kamu gunakan. Deretan aplikasi ini bisa berupa browser, aplikasi wallpaper, atau pemutar musik dan video, serta game.

Baca Juga: Cara Mengubah Oppo Reno6 Jadi Mouse PC

Apabila aplikasi-aplikasi ini masih ter-install di dalam smartphone maka akan menguras kapasitas RAM yang ada. Sebaiknya kamu hapus atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai tersebut karena berpotensi membuat kinerja smartphone lambat saat bermain game.

Gunakan fitur Clean storage di Settings, lalu hapus juga foto, video, cache, audio, dan dokumen yang tidak terpakai atau pindahkan ke SD Card. 

Main game dengan Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)
Main game dengan Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)

3. Pilih Smartphone Bersistem Pendingin Terbaik

Penggunaan smartphone sehari-hari seperti untuk bermain game dalam waktu lama sering menyebabkan masalah panas. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilih perangkat yang memiliki spesifikasi software dan hardware terbaik, serta sistem pendingin yang bisa menghilangkan panas berlebih dengan cepat.

Salah satu yang disarankan Oppo Indonesia adalah smartphone andalannya, yakni Oppo Reno6. HP yang dibekali perangkat keras mumpuni di kelasnya sehingga menawarkan kenyamanan ketika digunakan untuk main game mobile.

Selain itu, sistem Multi-Cooling System yang dimilikinya mampu mengurangi panas 21,9% lebih efisien apabila dibandingkan dengan perangkat serupa versi sebelumnya.

Multi-Cooling System pada Oppo Reno6 telah ditingkatkan dengan menggunakan kombinasi aluminium dan baja yang mempunyai konduktivitas termal tinggi untuk memberikan disipasi panas lebih baik.

Tiga lapisan grafit ditempatkan pada bingkai penutup atas untuk pembuangan panas dan pada bagian baterai. Sementara itu, gel konduktif ditambahkan pada bagian motherboard dan lembaran grafit dengan tebal 0,01mm pada bagian speaker, chip, dan prosesor.

Sistem pendingin ini menjaga Oppo Reno6 untuk memiliki suhu stabil dan tidak mudah panas, terutama untuk menjalankan game dalam waktu lebih dari satu jam. Dengan tambahan kombinasi chipset Qualcomm Snapdragon 720G, aktivitas bermain game di OPPO Reno6 juga kian terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Itulah tiga tips menghindari HP panas karena main game mobile dari Oppo Indonesia. 

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak