Gadget

Review Black Shark Magnetic Cooler, Bikin HP Super Dingin!

Black Shark Magnetic Cooler tidak hanya menjaga suhu agar performa terjanga, namun membuat smartphone tetap nyaman dalam genggaman.

Agung Pratnyawan

Review Black Shark 4 - Black Shark Magnetic Cooler. (HiTekno.com)
Review Black Shark 4 - Black Shark Magnetic Cooler. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Tidak hanya sebagai produsen HP gaming, Black Shark juga menawarkan solusi sistem pendingin gadget. Yakni ada Black Shark Magnetic Cooler, hadir sebagai pendingin super canggih yang sudah bisa kamu dapatkan. Simak review Black Shark Magnetic Cooler dari tim HiTekno.com ini.

Black Shark Magnetic Cooler adalah sistem pendingin yang bisa kamu tempelkan pada bagian belakang gadget kamu. Tidak terbatas pada smartphone saja, pendingin ini juga bisa bekerja baik pada tablet.

Pemasangannya pun sederhana, karena menempel ke perangkat dengan sistem magnet. Terlebih pada iPhone 12 bisa menempel pada magnet body belakang smartphone rilisan Apple tersebut.

Untuk perangkat lain, Black Shark juga membawakan satu magnetic stiker yang bisa kamu tempel ke bagian belakang smartphone atau tablet kamu. Bukan sekadar logam, namun juga memili tugas mentransfer panas dari perangkat ke pendingin ini.

Dalam paket penjualannya juga disertakan kabel USB type-c to type-c, sehingga memudahkan untuk menggunakan power dari smartphone. Kamu juga bisa menyalakannya menggunakan daya lewat charger atau sumber listrik lain melalui port USB type-c.

Review Black Shark Magnetic Cooler. (HiTekno.com)
Review Black Shark Magnetic Cooler. (HiTekno.com)

Sistem pendinginan ini memakai sistem elektronik, Review Black Shark Magnetic Cooler ini menghisap udara segar dari samping dan dibuang di sisi belakangnya menggunakan kipas 7.200 rpm.

Saking dinginnya, sering kali membuat kondensasi berupa embun dingin. Black Shark sendiri mengklaim bisa menjaga suhu smartphone sampai 23 derajat celcius. Sehingga mampu mengeluarkan potensi performa tertinggi dari perangkat.

Dalam review Black Shark Magnetic Cooler ini, tim HiTekno.com menggunakan pengujiannya memakai Black Shark 4. Salah satu HP gaming yang menawarkan performa tinggi namun membuatnya hangat di tangan.

Hasil pengujian, sistem pendingin ini memang tidak memberikan peningkatan performa secara signifikan. Namun sukses menjaga suhu agar tetap nyaman dalam gengaman tangan saat main game dalam jangka waktu lama.

Dengan suhu yang relatif lebih rendah, membuat Black Shark 4 yang digunakan dalam pengujian bisa menjaga performa tertingginya dalam janga waktu lama. Tidak terjadi frame drop yang mengganggu selama bermain.

Review Black Shark 4 - Black Shark Magnetic Cooler. (HiTekno.com)
Review Black Shark 4 - Black Shark Magnetic Cooler. (HiTekno.com)

Tim HiTekno.com melakukan pengujian memakai Genshin Impact yang terkenal grafis cantik namun berat bagi HP gaming. Terutama mode 60 FPS dan area Dragonspine yang jadi momok bagi berbagai game.

Selama pengujian, Genshin Impact jalan pada grafis Medium - 60 FPS di area Dragonspine Black Shark 4 mengalami peningkatan suhu signifikan. Namun setelah menggunakan Black Shark Magnetic Cooler, suhu perlahan turun.

Setelah memasangkan Black Shark Magnetic Cooler dalam 30 menit permainan, suhu Black Shark 4 menjadi lebih nyaman untuk digenggam. Selain itu framerate bisa stabil mendekati 60 FPS dan berjalan lancar.

Sebagai informasi, sebuah chip termasuk prosesor dan GPU akan menurunkan kecepatannya jika mencapai suhu tinggi hingga berdampak pada performa. Sehingga untuk menjaga performa tetap kecang, diperlukan pendingin untuk menjaga suhunya.

Pendingin dari Black Shark ini tidak hanya sukses menjaga suhu agar performa tidak turun, namun membuat tetap nyaman dalam genggaman.

Review Black Shark Magnetic Cooler. (HiTekno.com)
Review Black Shark Magnetic Cooler. (HiTekno.com)

Sayangnya dalam paket penjualan cuma tersedia satu stiker magnetic yang bisa ditempelkan pada perangkat. Sehingga membuatnya terpatok hanya untuk satu perangkat. Jika ingin ganti, harus melepaskan stiker tersebut untuk dipasang ke perangkat lain.

Namun tenang, Black Shark menjual stiker magnetic heat-conductor ini secara terpisah. Kamu bisa membelinya di toko resmi Black Shark Indonesia pada platform ecommerce terkenal dengan harga Rp 129.000.

Sedangkan Black Shark Magnetic Cooler ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 559.000, namun saat review ini dibuat sedang ada promo yang membanderolnya dengan harga Rp 469.000 saja.

Kelebihan:

  • Super Dingin
  • Material Premium
  • Mudah Digunakan
  • Bisa untuk tablet

Kekurangan:

  • Cuma 1 stiker magnetic bawaannya

Black Shark Magnetic Cooler. (HiTekno.com)
Black Shark Magnetic Cooler. (HiTekno.com)

Kesimpulan

Hasil review Black Shark Magnetic Cooler dari HiTekno.com ini, sukses menjaga suhu HP gaming jauh lebih rendah. Tidak hanya membuat suhu nyaman di tangan, namun membuka potensi performa tertinggi dari perangkat.

Berita Terkait