Gadget

8 Tips Membeli HP Bekas Berkualitas Secara Aman

Ingin beli HP bekas? Baca tips ini dulu.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/ Geralt)
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/ Geralt)

Hitekno.com - Smartphone adalah salah satu barang yang umum untuk dibeli secara bekas. Hal ini dikarenakan smartphone yang harganya cukup mahal dan salah satu gadget yang cepat jatuh harganya. Sehingga, kecermatan berburu smartphone atau HP bekas adalah hal yang layak dimiliki.

Bukan hanya persoalan spesifikasi yang perlu kamu perhatikan, tetapi juga kondisi barang dan kelengkapan lain yang dibutuhkan. Sesuai dengan namanya, HP bekas sebelumnya sudah pasti pernah dipakai oleh orang lain lalu dijajakan kembali dengan harga yang lebih murah.

Namun kebanyakan orang masih ragu akankah mereka mendapatkan barang yang bagus atau tidak. Ada beberapa tips membeli HP bekas yang bisa membantu kamu mempertimbangkannya.

Berikut tips membeli HP bekas yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Lihat Kebutuhanmu dan Budget yang Tersedia

Tips membeli HP bekas awal pada dasarnya sama seperti membeli smartphone baru. Kamu harus melihat budget yang kamu punya dan kebutuhan apa yang kamu perlukan. Tips membeli HP bekas yang pertama, tentukan spesifikasi minimum yang kamu perlukan: mulai dari layar, prosesor, hingga RAM, memori internal, dan kapasitas baterai.

Lalu, bandingkan smartphone second yang kamu mau dengan smartphone second lain dengan range harga yang mirip. Jangan lupa untuk bandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan smartphone baru.

Jika kamu mau membeli smartphone bekas yang punya spesifikasi mirip dengan smartphone baru, meski harganya lebih murah, kamu mungkin rugi karena masa garansinya telah habis.

2. Riset Harga Pasar

Riset harga penting dilakukan agar tak merasa kemahalan ketika membeli smartphone bekas. Tak hanya versi baru, kisaran harga untuk smartphone bekas juga bisa diperoleh dari berbagai situs jual beli.

3. Periksa Barang dengan Teliti dengan Beli Langsung

Tips membeli HP bekas setelah menentukan budget dan kebutuhanmu, kamu perlu meneliti produk yang kamu incar. Bisa dibilang, seni membeli produk second ada pada ketelitianmu dalam memeriksa kondisinya. Dengan membelinya secara langsung, kamu bisa mengetahui kekurangan yang dihasilkan dari pemakai sebelumnya.

Pastikan bahwa kekurangan tersebut masih bisa ditolerir untuk penggunaan nanti. Kamu juga perlu memperhatikan aspek legal dari smartphone yang kamu beli. Karena saat ini ada peraturan IMEI, kamu harus mengecek apakah IMEI dari smartphone yang kamu mau sudah legal atau tidak.

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)

4. Cek Kelengkapan Aksesori

Sebisa mungkin, pilih perangkat dengan aksesori yang masih lengkap dan original. Kelengkapan aksesori ini mulai dari charger, earphone, hingga kotak perangkat. Jangan lupa untuk mencoba apakah aksesoris tersebut berfungsi atau tidak.

Kelengkapan aksesori ini bakal mempermudahmu untuk menjual perangkat tersebut nantinya, jika kamu ingin menjualnya lagi. Produk yang tidak lengkap biasanya akan dihargai lebih murah ketimbang produk yang lengkap.

5. Pikirkan Update Software

Meski terlihat sepele, pikirkan keberlanjutan update software dari smartphone bekas yang kamu mau. Faktor terpenting dari hal ini adalah keamanan data, karena beberapa vendor biasanya akan memberikan update software jika mereka menemukan bug atau celah keamanan terbaru.

6. Cek kinerja dari berbagai fitur smartphone

Jangan ragu mengutak-atik fitur smartphone yang akan dibeli. Tombol, baterai, speaker, dan mikrofon serta fungsi lain harus dipastikan dapat berjalan lancar. Coba juga untuk melakukan atau menerima panggilan.

7. Jangan ragu bertanya kepada penjual

Jangan ragu bertanya kepada penjual apa saja defect yang ada di handphone tersebut. Kamu juga harus menanyakan apakah handphone sering jatuh atau masuk ke dalam air. Ini karena hal tersebut bisa mempengaruhi kinerjanya saat kamu pakai.

8. Negosiasi harga

Jika kamu sudah mengecek semua kondisi, ini adalah waktu untuk melakukan negosiasi harga. Salah satu “senjata” yang bisa kamu gunakan dalam menawar harga adalah garansi. Kebanyakan handphone bekas tidak memiliki garansi. Oleh karena itu, kamu bisa menawar harga lebih murah. Selain itu, lihat seberapa banyak defect yang dimiliki handphone tersebut.

Tips membeli HP bekas diatas sekedar panduan agar kamu setidaknya mendapatkan gambaran atau pengetahuan tentang smartphone yang akan dibeli. Selamat memilih.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait