Gadget

Dibanderol Lebih Murah, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli HP Bekas

Sebelum tertarik membeli HP bekas, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal ini ya.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi HP. (pexels/Mohi Syed)
Ilustrasi HP. (pexels/Mohi Syed)

Hitekno.com - Saat budget yang kamu punya tidak sepadan dengan HP yang ingin kamu miliki, terkadang kamu justru tertarik membeli HP bekas karena harganya yang murah. Jangan gegabah, beberapa hal ini perlu kamu perhatikan dengan teliti sebelum beli HP bekas.

Seperti yang diketahui, HP saat ini menjadi perangkat penting yang setiap kali menemani aktivitas kamu seharian. Wajar jika HP dengan kualitas yang baik ingin kamu miliki.

Sayangnya, HP dengan kualitas yang baik dan sesuai keinginan kamu biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal sehingga melebihi budget yang kamu punya.

Kalau sudah begini, kamu tentu tertarik menjajal HP bekas yang dibanderol dengan harga yang murah. Sebelum tertarik membeli, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal ini ya.

1. Cek IMEI HP bekas

Ilustrasi HP. (pexels/FreeStok)
Ilustrasi HP. (pexels/FreeStok)

 

Pemerintah memberikan peraturan keras mengenai IMEI. Tidak bisa dianggap sepele, saat kamu berkeinginan untuk membeli HP bekas, pastikan bahwa IMEI perangkat tersebut sudah terdaftar secara resmi ya.

Untuk mengecek IMEI HP bekas tersebut, kamu bisa masuk ke situs resmi Kementerian Perindustrian di kemenperin.go.id/imei.

2. Cek kekurangan fisik dan jeroan HP bekas

Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)
Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)

 

Namanya HP bekas tentu ada kekurangan baik secara fisik atau jeroan. Perlu ketelitian khusus sebelum kamu memutuskan untuk membeli HP bekas.

Memastikan jeroan perangkat ini aman hingga fisik perangkat tanpa cacat adalah hal wajib. Hal ini yang membuat kamu perlu bertemu langsung dan mengecek HP secara fisik sebelum membeli.

3. Cek kelengkapan aksesori HP bekas

Ilustrasi HP. (pexels/Daria)
Ilustrasi HP. (pexels/Daria)

 

Dijual sepaket, kamu perlu juga untuk mengetahui kelengkapan aksesori dari HP bekas yang kamu beli tersebut. Charger hingga headset perlu kamu cek kualitas dan kelengkapannya sebelum kemudian meminang HP bekas ini.

4. Cek update software

Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)
Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)

 

Jangan dianggap sepele, kamu perlu mengetahui update software HP bekas tersebut demi keamanan data. Jangan sampai karena masalah software, ada cela keamanan yang justru mengganggu.

Biasanya pada bagian ini, kamu bisa melakukan cek update software secara khusus yang ada di 'Settings' perangkat. Pastikan HP bekas tersebut memiliki software terbaru ya.

Jika empat hal di atas sudah kamu perhatian sebelum membeli HP bekas, dijamin HP yang kamu taksir sudah aman untuk kamu pinang menjadi perangkat andalan kamu.

Berita Terkait