Internet

Canggih! AR Google Bantu Ukur Jarak 2 Meter untuk Social Distancing

Kini Google membuatnya makin mudah, dengan perangkat augmented reality yang dirancangnya.

Dinar Surya Oktarini

Perangkat AR Google. (SODAR)
Perangkat AR Google. (SODAR)

Hitekno.com - Selain menggunakan masker, salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi saat berada di tempat keramaian adalah menjaga jarak satu sama lain. Jarak sosial sangatlah penting, pasalnya penetapan jarak ini meminimalisir bersentuhan dan penyebaran virus yang cepat.

Meski sepertinya mudah, namun protokol ini dirasa paling sulit, pasalnya tak semuanya yakin bahwa tempatnya berdiri adalah jarak yang aman satu sama lain.

Diketahui jarak sosial satu sama lain adalah satu hingga 2 meter. Hal ini tentu kesulitan untuk orang-orang yang tak bisa mengukur tanpa meteran.

Kini Google membuatnya makin mudah, dengan perangkat augmented reality yang akan memudahkan penggunanya mendapatkan jarak yang tepat.

Dilansir dari laman The Verge, untuk mengakses fitur Google ini kamu perlu masuk di halaman browser Chrome dan membuka halaman dengan alamat goo.gle/sodar untuk masuk pada perangkat bernama SODAR.

Perangkat AR Google. (SODAR)
Perangkat AR Google. (SODAR)

 

Bukan sebuah aplikasi, namun halaman tersebut akan membuka kamera ponsel kamu dan menunjukkan rentang jarak yang tepat secara nyata.

Ponsel kamu akan menggunakan augmented reality dan memberikan jarak yang tepat satu sama lain di sekitar kamu dan memberikan lingkar radius dua meter pada tampilan ponsel kamu.

Dalam pengujian SODAR digunakan Samsung Galaxy S20 dan menggambarkan akurasinya sebagai ''cukup dekat''.

Meski tak selalu akurat, namun jarak sosial ini menjadi penting dan menyadarkan siapa pun jika rentang jarak sosial akan lebih tercerahkan dengan bantuan aplikasi.

Hal ini adalah satu yang berguna daripada membayangkan visual dua meter yang tak pasti dalam menentukkan jarak sosial satu sama lain.

Berita Terkait