Gadget

Cara Menulis Pangkat di Word, Mudah!

Cari tahu bagaimana cara menulis pangkat di Word dengan mudah? Cek artikel ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Inilah  cara menulis pangkat di word  yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis yang akan menghemat waktu kamu. Pangkat biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas matematika, kimia dan fisika. Kamu pasti biasanya menulis pangkat di word menggunakan menu tool equation di tab insert kan?

Tidak ada salah nya sih menggunakan menu tool equation di tab insert, namun cara penggunaannya akan ribet apalagi jika kamu mengerjakan rumus perpangkatan yang sangat banyak.

Kelebihan dari menu tool Equation adalah mampu membuat rumus matematika, fisika, kimia dan yang lainnya yang menggunakan akar kuadrat atau menggunakan rumus berpangkat. Ada dua jenis model pangkat yang biasa digunakan yaitu pangkat atas dan pangkat bawah, tentu saja keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Pangkat atas ( superscript ) biasanya digunakan untuk perkalian pangkat, sedangkan pangkat bawah ( subscript ) biasanya digunakan untuk simbol-simbol.

Subscript atau superscript adalah karakter yang masing-masing diatur sedikit di bawah atau di atas garis tipe normal. Biasanya lebih kecil dari teks normal lainnya. Subscript muncul di bawah garis dasar, sedangkan superscript muncul di atas garis dasar.

Ada beberapa cara menulis pangkat di word yang bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu dengan menggunakan Fungsi Superscript dan Subscript pada tab menu Home atau Menggunakan Tombol Kombinasi pada Keyboard.

Pangkat atas lebih sering dipakai untuk penulisan rumus matematika atau fisika. Berikut ini cara menulis pangkat di word untuk membuat pangkat atas dengan menggunakan Fungsi Superscript pada tab menu Home yang sudah ada di Microsoft Word :

  1. Buka lembar baru pada program Microsoft Word
  2. Ketik tulisan perpangkatan yang ingin kamu buat
  3. Lalu blok pada angka yang ingin kamu buat menjadi bilangan pangkat
  4. Setelah itu pilih menu Home
  5. Kemudian klik tab Font
  6. Lalu klik tab Superscript atau icon x2
  7. Setelah itu maka secara otomatis angka yang ingin kamu buat menjadi bilangan pangkat akan naik ke atas dan berubah menjadi pangkat
  8. Selesai! Sekarang kamu sudah bisa membuat rumus dengan pangkat atas di Microsoft Word
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Selain cara diatas, kamu juga bisa mencoba cara menulis pangkat di word untuk membuat pangkat atas dengan menggunakan tombol kombinasi pada keyboard, yaitu:

  1. Blok pada angka yang ingin kamu buat menjadi bilangan pangkat
  2. Selanjutnya kamu tinggal tekan secara bersamaan tombol kombinasi CTRL + SHIFT + tanda tambah (+) atau kamu juga bisa menggunakan tombol kombinasi yang lain yaitu ALT + H + 6
  3. Maka secara otomatis angka tersebut akan berubah menjadi pangkat

Selain pangkat atas ( Superscript ), ada juga pangkat bawah ( Subscript ) yang sering digunakan dalam penggunaan rumus Fisika atau Kimia. Berikut ini cara menulis pangkat di word untuk membuat pangkat bawah dengan menggunakan Fungsi Subscript pada tab menu Home di Microsoft Word :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka program Microsoft Word
  2. Lalu ketiklah rumus dalam dokumen kamu
  3. Kemudian blok angka yang ingin kamu jadikan pangkat bawah
  4. Selanjutnya klik tab menu Home
  5. Lalu pilih menu Font
  6. Setelah itu pilih subscript atau icon X2  
  7. Selesai! Maka otomatis angka yang semula masih dalam posisi sejajar, akan turun menjadi pangkat bawah

Atau kamu juga bisa mengikuti cara menulis pangkat di word untuk membuat pangkat bawah dengan menggunakan tombol kombinasi pada keyboard, yaitu:

  1. Blok pada angka yang ingin kamu buat menjadi bilangan pangkat
  2. Selanjutnya kamu tinggal tekan secara bersamaan tombol kombinasi keyboard Ctrl + tanda sama dengan ( = )

Itulah beberapa cara menulis pangkat di word yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan simple. Sekarang kamu sudah mengerti kan? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait