Internet

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word Secara Otomatis

Makin mudah memakai cara membuat daftar pustaka di Word secara otomatis ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Cara membuat daftar pustaka di Word menjadi penting diketahui terutama kamu yang sudah memasuki dunia perkuliahan. Membuat daftar pustaka adalah salah satu bagian terpenting dari karya ilmiah seperti skripsi dan tugas akhir. Daftar pustaka mencakup informasi referensi yang dikutip di karya ilmiah yang kamu buat.

Isi daftar pustaka adalah berupa nama penulis, tahun tulisan, judul tulisan, kota penerbit, dan identitas penerbit. Membuat daftar pustaka termasuk bagian sulit dalam membuat karya ilmiah karena harus sesuai dengan format yang berlaku.

Akhirnya hal ini sering diabaikan oleh penulis. Cara membuat daftar pustaka di Word ternyata bisa dilakukan secara otomatis, jadi lebih mudah dan praktis.

Microsoft Word menyediakan fitur-fitur yang berguna untuk membantu penggunanya dalam membuat karya tulis/makalah. Untuk membuat daftar pustaka secara otomatis sendiri, kita bisa memilih menu “References” pada menu bar/toolbar yang muncul pada aplikasi tersebut.

Berikut cara membuat daftar pustaka yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word

  1. Bukalah aplikasi Microsoft Word lalu cari menu “Reference”
  2. Pilih kembali menu “Insert Citation” pada toolbar “Citation dan Bibliography”
  3. Klik menu “add new source”
  4. Cara membuat daftar pustaka di Word selanjutnya akan muncul kotak dialog yang harus kamu isi dengan identitas buku/sumber dan tekan ok
  5. Cara membuat daftar pustaka di Word lalu pilih menu Bibliography dan pilih menu “Insert Bibliography” maka identitas buku yang kamu masukan tadi akan muncul dengan sendirinya dengan memanfaatkan menu reference tersebut, kamu hanya perlu menuliskan identitas buku seperti judul, nama penulis, tahun terbit, dan lain-lain pada kolom yang tersedia.
  6. Cara membuat daftar pustaka di Word selanjutnya kamu bisa memilih format atau “style” mana yang akan kamu gunakan dalam penulisan daftar pustaka. Setelah itu, daftar pustaka tadi akan membentuk pola yang sesuai format secara otomatis.

 

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Cara Membuat Daftar Pustaka yang Benar

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar pustaka yaitu;

  1. Daftar pustaka ditulis berdasarkan urutan abjad nama belakang sang penulis.
  2. Daftar pustaka yang memiliki penulis yang sama, diurutkan berdasarkan tanggal publikasi yang paling awal.

Beberapa elemen yang harus dituliskan dalam daftar pustaka: nama penulis, tahun publikasi / terbit, judul buku atau karya ilmiah, tempat terbit dan nama penerbit.

Penulisan Sumber Kutipan

Berdasarkan caranya, mengutip sebuah sumber tulisan dibagi menjadi dua cara yaitu:

1. Cara Menulis Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah mengutip tulisan dari sumber acuan tanpa merubah kalimat sang penulis. Istilah mudahnya, mengutip langsung menggunakan teknik copy-paste sebuah tulisan.

Sesuai ketetapan American Psychological Association atau APA, kutipan langsung terdiri dari dua jenis yaitu kutipan langsung pendek dan kutipan langsung panjang.

Kutipan langsung pendek berarti mengutip sebuah tulisan tidak lebih dari 40 kata. Untuk penulisan kutipan langsung pendek, tulislah menjadi satu paragraf dengan tulisan kamu dan disertai dengan tanda kutip.

Hal ini untuk membedakan mana tulisan kamu dan kutipan dari orang lain. Tulis sumbernya berdekatan dengan kutipan yang kamu tulis.

Kutipan langsung panjang adalah kutipan yang lebih dari 40 kata atau biasa dikenal dengan block quote. Cara menulis kutipan langsung yaitu membuat paragraf baru dengan kalimat agak sedikit menjorok ke kanan tanpa tanda kutip, namun tetap menggunakan jenis font yang sama dengan tulisanmu. Hal ini untuk membedakan mana tulisan yang kamu kutip, mana tulisan kamu sendiri.

Perlu diingat bahwa mengutip sebuah tulisan tidak hanya dilakukan untuk mendukung ide tulisanmu, namun bisa juga digunakan untuk menunjukan bahwa ada beberapa penulis yang tidak setuju dengan ide kamu atau memiliki pandangan berbeda dengan ide kamu.

Contoh kutipan langsung:

“perempuan harus memiliki ruang dan uang untuk dirinya sendiri” (Hadid, 2002, h. 3)

2. Cara Menulis Kutipan tidak Langsung

Dalam hal ini, penulis berarti tidak mengutip secara utuh kalimat dari sumber acuan namun penulis merangkai kalimatnya sendiri. Kutipan tidak langsung atau biasa disebut parafrasa, umumnya tidak perlu menuliskan nomor halaman dari sumber yang dikutip.

Tetapi American Psychological Association atau APA menganjurkan untuk menuliskan nomor halaman dari sumber yang menjadi acuan. Jika kamu menganggap mencantumkan nomor halaman dapat membantu pembaca karya ilmiah mu, maka tidak ada salahnya untuk menuliskan nomor halaman. sebaiknya, diskusikan hal ini dengan dosen pembimbing, atau tutor mu.

Contoh kutipan tidak langsung:

Hal ini dikemukakan oleh Goffman (1951) yang berpendapat bahwa laki-laki cenderung memilih pasangan yang memiliki status sosial yang sama dengannya.

Atau bisa juga dengan cara : Pada tahun 1950, Goffman melakukan penelitian tentang keterkaitan antara laki-laki dengan status sosial.

Itulah cara membuat daftar pustaka di Word. Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan untuk menyusun penulisan daftar pustaka secara satu persatu, sebab cara menulis daftar pustaka lewat Microsoft Word bisa dilakukan dengan otomatis dan praktis.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait