Internet

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word, Anti Ribet

Bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di Word, cek berikut ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Tahukah kamu ada cara membuat daftar isi otomatis di Word. Trik yang membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan ringkas.

Daftar isi menjadi salah satu bagian penting pada penulisan buku atau bentuk karya tulis lainnya. Daftar isi digunakan sebagai salah satu cara untuk menemukan halaman yang ditujukan pada suatu materi tertentu.

Tanpa disertai dengan daftar isi, maka pembaca tidak akan mengetahui mana yang akan menjadi bahasan dan pada halaman berapa yang sedang dibutuhkan.

Cara membuat daftar isi juga bisa dilakukan secara otomatis dan lebih mudah. Cara membuat daftar isi otomatis juga salah satu hal yang wajib dilakukan dalam pembuatan skripsi, laporan.

Namun sayangnya masih ada yang membuat daftar isi dengan manual dan belum nampak rapi. Tak jarang mahasiswa yang berlama-lama berkutat menyelesaikan bagian merapikan daftar isi.

Salah satu struktur penulisan yang sangat penting dan perlu diperhatikan dengan teliti supaya tidak rancu, serta memberi informasi halaman yang salah.

Selain secara manual, daftar isi bisa dibuat secara otomatis di software Microsoft Word, baik di platform Windows, MacOS, maupun versi web.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Berikut cara membuat daftar isi otomatis di Word yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

  1. Buat Heading Menggunakan Heading Styles. Untuk membuat BAB dan sub-BAB, kamu perlu mengatur headingnya pada menu Home > Styles.
  2. Cara membuat daftar isi otomatis untuk BAB kamu perlu menggunakan Heading 1. Sementara, Heading 2 dipakai untuk sub-BAB dan seterusnya untuk sub berikutnya.
  3. Konfigurasi lebih lanjut pada heading bisa kamu temukan pada opsi Modify, dengan klik kanan Heading 1. Di dalamnya kamu dapat melakukan pengaturan format default untuk Heading 1 tersebut. Cara membuat daftar isi otomatis ini bisa kamu terapkan pada Heading 2 pada sub-BAB.
  4. Masuk ke menu References, dan pilih Table of Contents pada bagian kiri akhir menu. Pada Automatic Table of Contents akan ada beberapa styles daftar isi yang bisa kamu pilih.
  5. Pilih styles yang pertama. Setelah kamu melakukan langkah di atas maka secara otomatis daftar isi akan terbentuk dengan mengikuti heading-heading yang telah dibuat sebelumnya.

Memanfaatkan Hyperlink pada Daftar Isi

Hyperlink berguna untuk memudahkan pembaca menuju materi yang ditunjuk dengan sekali klik saja melalui daftar isi. Dengan kata lain hyperlink pada daftar isi merupakan penghubung judul pada daftar isi dengan judul pada skripsi kamu. Berikut cara menggunakan Hyperlink.

  1. Masuk ke File > Options > Advanced terlebih dahulu, lalu hilangkan centang pada  Use CTRL + Click to follow hyperlink.  
  2. Selanjutnya arahkan kursor ke judul pada daftar isi yang ingin dipilih. Dan, klik judulnya.

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual

Selain bisa dilakukan secara otomatis yang memang sangat mudah, kamu juga bisa membuat daftar isi secara manual dengan mudah pula. Biasanya cara manual ini akan dipilih kebanyakan orang bila tugas yang kamu kerjakan tidak memiliki sub bagian, atau tidak begitu panjang. Begini langkah-langkahnya:

1. Mengatur Right Tab

Dalam membuat daftar isi secara manual, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur right tab terlebih dahulu. Untuk menampilkan ikon right tab ini, kamu harus terlebih dahulu menampilkan Ruler pada tab View.

Setelah Ruler ditampilkan, kamu baru bisa melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste. Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.

Selanjutnya kamu bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan tadi, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.

2. Memunculkan Titik-Titik Dengan Rapi

Setelah itu, kamu bisa double click pada Tab tersebut hingga muncul menu pop-up. Pada menu pop-up tersebut, pilih opsi kedua yang merupakan titik-titik yang biasa digunakan dalam daftar isi.

3. Memasukkan Daftar Isi

Kemudian, kamu tinggal memasukkan isi dari daftar isi tugasmu. Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik. Lalu, terakhir kamu tinggal memasukkan nomor halaman yang sesuai dengan judul bagian tersebut.

Begitulah cara membuat daftar isi otomatis di Word yang mudah. Kamu bisa memilih menggunakan cara otomatis atau manual sesuai dengan kebutuhanmu.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait