Internet

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Gunakan cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word untuk mempermudah.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Trik ini adalah cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan dengan cepat tanpa menguras waktu.  

Apakah kamu sudah tahu kalau daftar pustaka di Microsoft Word bisa dibuat secara otomatis? Ya, dengan daftar pustaka otomatis di Microsoft Word kamu tidak perlu repot-repot menulis secara manual dan mengatur format daftar pustaka karena beberapa tools akan membantu kamu membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word.

Daftar pustaka sangat penting dalam pembuatan sebuah karya tulis karena daftar pustaka menunjukkan referensi buku yang kamu gunakan sebagai landasan dalam melaksanakan penelitian karya tulis tersebut.

Hal yang biasanya dicantumkan dalam daftar pustaka adalah nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit. Membuat daftar pustaka harus sesuai dengan format yang berlaku dan tentu saja berbeda-beda berdasarkan jenis referensi yang digunakan sehingga apabila dilakukan secara manual pasti akan sangat merepotkan.

Maka dari itu kamu perlu menggunakan daftar pustaka otomatis di Microsoft Word agar lebih mudah dan hemat waktu dalam menyelesaikan karya tulis kamu.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan apabila ingin membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word :

  1. Buka dokumen karya tulis yang ingin kamu buat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word
  2. Setelah itu pada menu bar, klik menu References
  3. Kemudian pada bagian Citations & Bibliography pilih Insert Citation lalu klik Add New Source
  4. Lalu kamu tinggal mengisi informasi mengenai sumber referensi dari karya tulis kamu. Kamu perlu mengisi informasi yang penting seperti tipe sumber referensi apakah informasi tersebut diambil dari buku, web, atau lainnya.
  5. Setelah itu arahkan kursor ke halaman Daftar Pustaka di dokumen karya tulis kamu. Pada menu bar klik References
  6. Kemudian klik Bibliography dan pilih menu 'Insert Bibliography'
  7. Selesai! Maka informasi sumber kutipan yang sudah kamu isi akan otomatis muncul di halaman Daftar Pustaka kamu

Apabila kamu ingin menambahkan sumber kutipan lain ke daftar pustaka kamu, kamu bisa kembali ke langkah pertama lalu tambahkan sumber informasi baru. Setelah itu jangan lupa pastikan untuk selalu mengupdate di halaman Daftar Pustaka.

Cara untuk mengupdate di halaman Daftar Pustaka yaitu dengan mengarahkan kursor ke halaman Daftar Pustaka kamu, lalu klik kanan setelah itu pilih Update Field. Maka secara otomatis sumber informasi baru tersebut akan ditambahkan pada halaman daftar pustaka kamu.

Itulah cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah, dengan daftar pustaka otomatis di Microsoft Word kamu tidak perlu repot-repot lagi menuliskan secara manual dan mengatur format daftar pustaka ya.

Gimana? Sangat membantu sekali bukan untuk membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word? Selamat mencoba cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait